LUTFI NUR ANNISA, 12506184030 (2021) PENGARUH CRITICAL THINKING TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, SIKAP TOLERANSI, DAN SELF ASSESSMENT SISWA DI SMAN 1 MUNJUNGAN DAN MA NURUL ULUM MUNJUNGAN. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Critical Thinking Terhadap Penggunaan Media Sosial, Sikap Toleransi, Dan Self Assessment Siswa Di SMAN 1 Munjungan Dan MA Nurul Ulum Munjungan” ini ditulis oleh Lutfi Nur Annisa dengan pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag. Kata Kunci : Critical Thinking, Penggunaan Media Sosial, Sikap Toleransi, Self Assessment Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis siswa di era digital. Namun, kemampuan berpikir kritis siswa belum dikembangkan secara maksimal dalam dunia pendidikan. Berpikir kritis memungkinkan seseorang untuk menilai informasi secara hati – hati, dan mencari fakta yang benar – benar terjadi. Sehingga, siswa mampu mengontrol penggunaan media sosial, bukan media sosial yang mengontrol siswa. Selain itu, siswa yang memiliki critical thinking tinggi, memungkinkan mempunyai sikap toleransi yang tinggi. Karena melalui berpikir kritis, siswa dapat menilai suatu perbedaan sebagai anugerah yang harus disyukuri, serta dapat mengambil hikmah yang tersembunyi. Keterampilan berpikir kritis memungkinkan siswa agar terbiasa menghadapi tantangan dan memecahkan masalah dengan menganalisis pemikirannya sendiri untuk memutuskan suatu tindakan. Rumusan masalah : (1) Adakah pengaruh critical thinking terhadap penggunaan media sosial di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan?; (2) Adakah pengaruh critical thinking terhadap sikap toleransi di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan?; (3) Adakah pengaruh critical thinking terhadap self assessment di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan?;(4) Adakah pengaruh critical thinking terhadap penggunaan media sosial, sikap toleransi, danself assessmentsiswa secara simultan di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan?; Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi seluruh siswa di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan, yang terdiri dari 860 siswa. Dengan teknik samplingsimplerandom sampling, diperoleh sampel 208 siswa. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 25.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh signifikan antara critical thinking terhadap penggunaan media sosial siswa di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan sebesar 27,6 %; (2) Ada pengaruh signifikan antara critical thinking terhadap sikap toleransi siswa di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan sebesar 21,4 %; (3) Ada pengaruh signifikan antara critical thinking terhadap self assessment siswa di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan sebesar 41,96 %. (4) Ada pengaruh signifikan antara critical thinking terhadap penggunaan media sosial, sikap toleransi, dan self assessment siswa secara simultan di SMAN 1 Munjungan dan MA Nurul Ulum Munjungan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Psikologi Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 12506184030 LUTFI NUR ANNISA |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 03:15 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 03:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21243 |
Actions (login required)
View Item |