PENERAPAN STORYTELLING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA 1 GEDHANGAN

ELISSA ANGGARANI, 12206173052 (2021) PENERAPAN STORYTELLING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA 1 GEDHANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (508kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsiۚ denganۚ judulۚ “Penerapan Storytelling dalam Membentuk Kepribadian Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Dharma Wanita 1 Gedhangan”ۚiniۚ ditulis oleh Elissa Anggarani, NIM. 12206173052. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2021. Dosen pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci : Penerapan Storytelling, Membentuk Kepribadian anak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa storytelling dan kognisi dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian anak usia dini. Dalam hal ini peneliti melihat penerapan storytelling dan kepribadian yang terlihat di TK Dharma Wanita 1 Gedhangan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan storytelling yang diterapkan di TK Dharma Wanita 1 Gedhangan (2) Untuk mendeskripsikan sikap anak yang terbentuk setelah mendengarkan storytelling di TK Dharma Wanita 1 Gedhangan (3) Untuk mendeskripsikan pemahaman dan pengetahuan anak terhadap cerita yang disampaikan di TK Dharma Wanita 1 Gedhangan. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala TK Dharma Wanita 1 Gedhangan dijadikan bahan perencanaan guna tercapainya tujuan guru dalam membentuk kepribadian anak usia dini, bagi para guru TK Dharma Wanita 1 Gedhangan digunakan sebagai bahan evaluasi guru agar storytelling dapat membentuk kepribadian anak usia dini. Bagi peneliti lain untuk menambah wawasan dan menjadi referensi mengenai penerapan storytelling yang dapat membentuk kepribadian anak usia dini. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi lapangan di TK Dharma Wanita 1 Gedhangan. Sedangkan wawancara digunakan untuk menggali data serta informasi yang diperlukan serta menyangkut dengan masalah yang diteliti. Metode dokumentasi digunakan sebagai alat untuk membuktikan dan menambah kevalidan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan storytelling dengan menggunakan media sambil bernyanyi dan menari serta jenis storytelling yang digunakan di TK Dharma Wanita 1 Gedhangan yaitu fabel. Kemudian sikap anak yang terbentuk setelah mendengarkan storytelling di TK Dharma Wanita 1 Gedhangan yaitu anak mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai kebaikan yang diperoleh dari cerita yang telah didengarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173052 Elissa Anggarani
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:26
Last Modified: 23 Aug 2021 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21246

Actions (login required)

View Item View Item