FEBY AZIZYAH, 12201173226 (2021) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KUNJANG KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (969kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (959kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (937kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (998kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (920kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran guru PAI dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri” ini ditulis oleh Feby Azizyah, NIM 12201173226, dengan pembimbing Muhammad Mustofa Ludfi, S.Pd.,M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, PAI, Meningkatkan Kepedulian Sosial Di era globalisasi seperti sekarang ini, orang yang peduli terhadap sesama lambat laun semakin berkurang. Mereka yang mampu kurang peduli terhadap orang yang kurang mampu. Akibatnya pada anak zaman sekarang mencontoh sikap tercela tersebut, tidak melihat apakah hal tersebut baik atau buruk. Anak remaja sekarang mudah terpengaruh oleh dunia luar, oleh karena itu sekolah harus andil untuk mendidik kepedulian sosial pada dirinya, terutama guru PAI harus berperan untuk meningkatkan kepedulian sosial peserta didik. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti peran guru PAI dalam meningkatkan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru PAI dalam perencanaan peningkatkan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri?, 2) Bagaimana peran guru PAI dalam pelaksanaan peningkatkan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri?, 3) Bagaimana peran guru PAI dalam mengevaluasi peningkatkan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam perencanaan peningkatkan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pelaksanaan peningkatkan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengevaluasi penigkatkan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, pemeriksaan sejawat dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) peran guru PAI dalam perencanaan peningkatkan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang kediri yaitu, guru PAI mengusulkan direncanakannnya kegiatan sedekah dan infaq dalam meningkatkan kepedulian sosial peserta didik. Kegiatan sedekah direncanakan ketika memperingati hari besar islam. Sedangkan kegiatan infaq direncanakan untuk setiap tahun. Pada perencanan kegiatan sedekah, peserta didik diminta untuk membawa satu bungkus mie instan sedangkan untuk kegiatan infaq peserta didik diajarkan untuk menyisihkan sedikit uang sakunya untuk diinfaqkan dan diberikan kepada orang – orang yang berhak menerima. Tujuan direncanakannya kegiatan sedekah dan infaq dapat melatih peserta didik untuk peduli terhadap sesama. 2) Peran guru PAI dalam pelakasanaan peningkatan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri yaitu guru PAI memberikan contoh kepada peserta didik ketika menjalankan kegiatan sedekah dan infaq, cara yang baik ketika berucap dan memberikan. Kegiatan sedekah ini dilaksanakan bertepatan pada bulan muharram tanggal 1. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati hari besar islam.. Sedangkan kegiatan infaq sendiri dilaksanakan setiap 1 bulan 2 kali pada minggu ke 2 dan ke 4 di hari jumat. Kegiatan infaq ini melatih peserta didik untuk mau menyisihkan sedikit uangnya untuk diinfaqkan. Guru PAI membebaskan peserta didik dalam bersedekah dan berinfaq tidak menyebutkan nominalnya yang terpenting adalah ikhlas. Tujuan pelaksanaan kegiatan sedekah dan infaq ini agar peserta didik terlatih untuk peduli terhadap lingkungannya. 3) Peran guru PAI dalam mengevaluasi peningkatan kepedulian sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri yaitu Guru PAI menilai kegiatan sedekah dan infaq berjalan dengan baik dan lancar. Guru PAI selalu memberikan pemahaman, wawasan dan nasehat kepada peserta didiknya agar mampu melaksanakan sedekah dan infaq setiap hari meskipun hanya sedikit, karena dengan melaksanakan sedekah dan infaq akan dipermudah setiap perbuatan oleh Allah SWT. Guru PAI juga melakukan evaluasi kepada peserta didik agar mampu untuk membentuk sikap kepedulian sosial kepada sesamanya bahkan memberikan motivasi secara perlahan agar siswa dapat bertumbuhkembang. Tak lupa Guru PAI selalu memberi nasehat kepada peserta didik mengenai hikmah dari menjalankan sedekah dan infaq setiap harinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Agama > Infaq Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173226 feby azizyah |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 03:54 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21301 |
Actions (login required)
View Item |