PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SISWA DI MAN 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

AVI SENA SYAFIQ, 17201153508 (2020) PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SISWA DI MAN 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (134kB)

Abstract

ABSTRAK Avi Sena Syafiq, NIM: 17201153508. 2020. Peran Guru Aqidah Akhlaq dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penggunaan Sosial Media Siswa di MAN 2 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Anisatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Upaya Guru, Dampak Negatif Sosial Media. Pengguna Sosial Media saat ini merambah berbagai kalangan tidak hanya para remaja yang berstatus pelajar tapi juga anak-anak, orang dewasa maupun lanjut usia. Penggunaan dan pemanfaatan Sosial Media yang tidak tepat membawa dampak negatif bagi seseorang khususnya pelajar yang saat ini banyak menjadi pengguna aktif Sosial Media. Dampak negatif dari penggunaan Sosial Media yang berlebihan oleh siswa dapat membuat kecanduan, memunculkan kejahatan dunia maya, pornografi, hingga perjudian. Guru dalam hal ini bertugas membentuk peserta didik agar mempunyai akhlak mulia. Artinya tidak hanya di bebani tugas mencerdaskan anak dari segi kognitif saja, tetapi juga upaya membina moral. Tugas guru Aqidah Akhlaq mengemban amanah untuk membentuk akhlak mulia peserta didik. Perannya sangat penting dalam pencegahan dampak negatif penggunaan social Media. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka mencegah dampak negative penggunaan social Media adalah memberikan perhatian penuh terhadap siswa. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendiskripsikan Peran Guru Aqidah Akhlaq sebagai Informator dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penggunaan Sosial Media Siswa di MAN 2 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Untuk mendiskripsikan Peran Guru Aqidah Akhlaq sebagai Edukator dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penggunaan Sosial Media Siswa di MAN 2 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. (3) Untuk mendiskripsikan hambatan dari penanggulangan Dampak Negatif Penggunaan Sosial Media Siswa di MAN 2 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis studi kasus (case research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu:(1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu: (1) pengujian kredibilitas, Pengujian transferability, (a) triagulasi meliputi: (i) triagulasi sumber, (ii) triagulasi teknik (iii) triagulasi waktu (iv) perpanjangan keikut sertaan (v) perpanjangan keikut sertaan (vi) pemeriksaan sejawat. (2) pengujian transferability (3) pengujian dependability ( 4) Pengujian konfirmability Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Peran Guru Aqidah Akhlaq sebagai Informator yaitu a) Memberikan informasi, b) Pemberian informasi dengan metode ceramah, c) Menggunakan pada waktu-waktu tanpa mengganggu waktu ibadah dan belajar, d) Melayani peserta didik sesuai minat, kemampuan, dan bakatnya, e) Bentuk layanan informasi dengan memberikantugas pelajaran mengenai contoh perilaku baik dan buruk di internet (google), d) Partisipasi guru berperan sebagai tauladan bagi peserta didik. (2) Peran Guru Aqidah Akhlaq sebagai Edukator yaitu: a) Bimbingan spiritual dan Nasehat nasehat, b) Tidak melarang siswa mengakses Sosial Media, tapi membatasi siswa dalam penggunaannya, d) Strategi guru menggunakan pendekatan personal, e) Menjadi suri tauladan bagi siswa. (3) Hambatan guru adalah: Beberapa siswa meremehkan dan menghiraukan guru, b) Guru dibatasi dengan pengawasan di sekolah, c) Tidak semua siswa menanggapi informasi dari guru dengan baik, d) Ketergantungan siswa pada Sosial Media, e) Solusi dalam menghadapi hambatan peran guru adalah kerjasama antara guru dan orang tua, tidak pantang menyerah untuk memberikan arahan kepada siswa, dan ketika dalam pembelajaran guru mengadakan gerakan literasi/kebiasaan membaca untuk mengurangi ketergantungan Sosial Media.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153508 AVI SENA SYAFIQ
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:30
Last Modified: 23 Aug 2021 05:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21304

Actions (login required)

View Item View Item