STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS RENDAH (Studi Kasus Di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung)

TRIA AGIL FALENTIN, 12205173235 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS RENDAH (Studi Kasus Di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Berbasis Daring Pada Masa Pandemi COVI-19 Kelas Rendah (Studi Kasus di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung)”, ini ditulis oleh Tria Agil Falentin. NIM. 12205173235. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. NIP. 198605282014032002. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran daring, Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju yang berdampak pada dunia pendidikan, karena masyarakat dapat dengan mudah mengakses ilmu pengetahuan dengan berseluncur dalam dunia internet. Aspek pendidikan mau tidak mau harus berinovasi dan bervariatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring atau dalam jaringan. Pembelajaran daring ini dilakukan dengan menggunakan berbagai perangkat pembelajaran online dalam penyampaian materinya,sehingga guru dan siswa tidak perlu bertatap muka dan dilakukan secara jarak jauh. Pembelajaran daring ini di lakukan di MI Miftahul Huda Banjarejo dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa dan guru untuk tetap dirumah. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas rendah di MI Miftahul Huda Banjarejo? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi siswa kelas rendah di MI Miftahul Huda Banjarejo? (3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar di MI Miftahul Huda Banjarejo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan. Pengecean data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trigulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo sudah direncanakan dengan baik dengan merancang RPP dan silabus terlebih dahulu, Pelaksanaan pembelajaran daring sudah bisa dikatakan lancar menggunakan aplikasi Whatsapp, guru dan siswa dapat beradaptasi dengan baik. Evaluasi pembelajaran juga berjalan dengan baik denganmenggunakan google from. Pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo ini cukup meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari siswa yang mengumpulkan tugas dan hasil evaluasi yang bagus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173235 TRIA AGIL FALENTIN
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:14
Last Modified: 25 Aug 2021 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item View Item