PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PJOK SISWA KELAS V MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

NAUFALINA INTAN INAYAH, 12205173077 (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PJOK SISWA KELAS V MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas V MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungaggung” ini ditulis oleh Naufalina Intan Inayah, NIM. 12205173077, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Fasilitas, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi Covid-19 yang membuat Kementerian Pendidikan di Indonesia mengeluarkan kebijakan yaitu mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Adanya pembelajaran daring ini menunut siswa untuk memiliki fasilitas belajar di rumah. Fasilitas belajar yang lengkap dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Hal ini akan menjadi pemicu meningkatnya hasil belajar pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh fasilitas belajar di rumah selama masa pandemi terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Plus Al-Istighosah Panggungrejo Tulungagung?, 2) Adakah pengaruh fasilitas belajar di rumah selama masa pandemi terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas V MI Plus Al-Istighosah Panggungrejo Tulungagung?, 3) Adakah pengaruh fasilitas belajar di rumah selama masa pandemi terhadap motivasi dan hasil belajar PJOK siswa kelas V MI Plus Al-Istighosah Panggungrejo Tulungagung?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung yang berjumlah 38 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Uji regresi linier sederhana diperoleh nilai rhitung = 0,373 dan nilai sig. = 0,021 karena nilai rhitung > rtabel atau 0,373 > 0,320 dan sig 0,021 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan Hα diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar di rumah selama masa pandemi terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. (2) Uji regresi linier sederhana diperoleh nilai rhitung = 0,549 dan nilai sig. = 0,000 karena nilai rhitung > rtabel atau 0,549 > 0,320 dan sig 0,000 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan Hα diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar di rumah selama masa pandemi terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas V di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. (3) Hasil uji manova diperoleh nilai sig lebih dari 0,05 sehingga H₀ diterima dan Hα ditolak, artinya ada pengaruh yang tidak signifikan antara fasilitas belajar di rumah selama masa pandemi terhadap motivasi dan hasil belajar PJOK siswa kelas V di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173077 NAUFALINA INTAN INAYAH
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:34
Last Modified: 25 Aug 2021 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21307

Actions (login required)

View Item View Item