LIA ANDRIANI, 12201173095 (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU AL-QUR'AN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (843kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadits Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Andriani, NIM 12201173095. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar, Peserta Didik Penelitian ini diambil atas dasar sebuah fenomena yang menunjukkan adanya penurunan kualitas dalam dunia pendidikan sekarang ini. Banyak guru Al- Qur’an Hadits yang kurang menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang merupakan dasar dari proses pembelajaran. Rendahnya kualitas pendidik sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Upaya yang dapat dilakukan adalah guru harus terus belajar dan harus meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh kompetensi sosial guru Al- Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? (4) Bagaimana pengaruh kompetensi profesional guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi sosial guru Al- Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. (4) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi profesional guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Variabel bebas dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik (X1), kompetensi kepribadian (X2), kompetensi sosial (X3), dan kompetensi profesional (X4). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar peserta didik (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah 122 peserta didik kelas VIII.4-7. Sedangkan sampelnya menggunakan rumus sampel Slovin diperoleh sampel sebanyak 93 peserta didik. Data primer penelitian ini berupa angket dan data sekunder berupa dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik Guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (19,372 > 1,662) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (11,260 > 1,662) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (10,826 > 1,662) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (11,184 > 1,662) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > Guru Pendidikan Islam Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lia Andriani |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:58 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 01:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21313 |
Actions (login required)
View Item |