PENGARUH KOMPETENSI GURU AL-QUR'AN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

LIA ANDRIANI, 12201173095 (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU AL-QUR'AN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadits Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Andriani, NIM 12201173095. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar, Peserta Didik Penelitian ini diambil atas dasar sebuah fenomena yang menunjukkan adanya penurunan kualitas dalam dunia pendidikan sekarang ini. Banyak guru Al- Qur’an Hadits yang kurang menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang merupakan dasar dari proses pembelajaran. Rendahnya kualitas pendidik sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Upaya yang dapat dilakukan adalah guru harus terus belajar dan harus meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh kompetensi sosial guru Al- Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? (4) Bagaimana pengaruh kompetensi profesional guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi sosial guru Al- Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. (4) Untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi profesional guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Variabel bebas dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik (X1), kompetensi kepribadian (X2), kompetensi sosial (X3), dan kompetensi profesional (X4). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar peserta didik (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah 122 peserta didik kelas VIII.4-7. Sedangkan sampelnya menggunakan rumus sampel Slovin diperoleh sampel sebanyak 93 peserta didik. Data primer penelitian ini berupa angket dan data sekunder berupa dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik Guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (19,372 > 1,662) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (11,260 > 1,662) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (10,826 > 1,662) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (11,184 > 1,662) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Andriani
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:58
Last Modified: 02 Nov 2021 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21313

Actions (login required)

View Item View Item