PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DEA ARIFA WULANDARI, 12205173256 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ditulis oleh Dea Arifa Wulandari (12205173256) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata kunci: Model Two Stay Two Stray, Motivasi dan Hasil Belajar Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaaan model Two Stay Two Stray terhadap motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik. Dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA di MI Darul Huda Pojok Ngantru kurang efektif karena pembelajaran yang digunakan masih berorientasi pada keaktifan guru sebagai pengajar, metode yang digunakan oleh guru masih monoton siswa cenderung mendengarkan penyampaian materi dari guru dan banyak latihan soal, Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan peserta didik aktif, menyenangkan dan efektif sehingga peserta didik mudah memahami materi yang dianggap sulit dalam belajar IPA. Peneliti menghubungkan model Two Stay Two Stray dalam kaitannya dengan hasil belajar siswa kelas IV A dan IV B MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung, dan melihat tingkat motivasi siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar IPA di MI Darul Huda Pojok Ngantru. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap motivasi belajar IPA Peserta Didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPA Peserta Didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Peserta Didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis Quasi Experiment (eksperimen semu) yang bertujun untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Dengan variable terikatnya adalah hasil belajar, variable bebas adalah model Two Stay Two Stray dan variable Terikat adalah motivasi. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampling, terdapat dua kelas yang akan dijadikan sampel penelitian yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen MI Darul Huda Pojok. Menggunakan pengambilan sampel jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes dan dokumentasi. Analisa data menggunakan uji T dan Uji korelasi berbantuan SPSS 22.0. Pengambilan sampel dilakukan karena sampel yang dianggap peneliti memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan harapan yaitu mempunyai kemampuan yang sama. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung pada tanggal 19-21 April 2021. Penelitian ini menggunakan tahap analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap motivasi siswa kelas IV MI Darul Huda Pojok Ngantru, ditunjukkan oleh t hitung > t tabel = 0,000 < 0,005 maka Hɑ diterima (2) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Huda Pojok Ngantru, ditunjukkan oleh t hitung > t tabel = 0,000< 0,005 maka Hɑ diterima (3) ada hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung, ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,005 yaitu 1,000 > 0,05 ini berarti pasangan motivasi belajar dan hasil belajar mempunyai hubungan yang signifikan sedangkan pasangan yang lainnya ada hubungan tetapi tidak signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173256 DEA ARIFA WULANDARI
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:42
Last Modified: 25 Aug 2021 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21351

Actions (login required)

View Item View Item