STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT SANTRI UNTUK PENDALAMAN AL-QUR’AN DI TPQ NURHASAN DESA WAJAK KIDUL KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

AISYAH ELIN ZANAINI, 12201173320 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT SANTRI UNTUK PENDALAMAN AL-QUR’AN DI TPQ NURHASAN DESA WAJAK KIDUL KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “ Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Santri untuk Pendalaman Al-Qur’an di TPQ Nur Hasan Desa Wajakkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Aisyah Elin Zanaini, NIM 12201173320, Pembimbing Dr. H. Zaini Fasya,S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: Strategi, Membaca, Menulis, Pendalaman Al-Qur’an. Konteks penelitian ini dilandasi oleh sebuah fenomena pada masa sekarang ini dirumah muslim sudah jarang terdengar bacaan Al-Qur’an, keikutsertaan sebagian anak-anak ada yang tidak menyadari kegunaan mempelajari Al-Qur’an sehingga mereka tidak minat untuk belajar Al-Qur’an. Minat merupakan faktor internal dalam mempengaruhi keberhasilan pada proses pembelajaran. Mempunyai minat yang tinggi akan membantu dalam pencapaian proses belajar untuk mencapai keberhasilan. Untuk itu maka perlu strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga apa yang dipelajari dapat diterima dengan mudah oleh santri di TPQ Nur Hasan Wajakkidul Boyolangu Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di TPQ Nur Hasan Wajakkidul Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar menulis Al-Qur’an di TPQ Nur Hasan Wajakkidul Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar pendalaman Kitab Tajwid di TPQ Nur Hasan Wajakkidul Boyolangu Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di TPQ Nur Hasan Wajakkidul Boyolangu Tulungagung (2) Untuk memaparkan strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar menulis Al-Qur’an di TPQ Nur Hasan Wajakkidul Boyolangu Tulungagung (3) Untuk memaparkan strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar pendalaman kitab tajwid di TPQ Nur Hasan Wajakkidul Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan review informal. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) strategi guru menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an dengan strategi kooperatif mernerapkan metode An Nahdliyah dengan program paket jilid dan sorogan Al-Qur’an. Pelaksanaan kegiatannya secara klasikal dan sorogan dengan jam wajib baca Al-Qur’an sebelum atau sesudah dimulai pembelajaran. Hal ini disesuaikan dengan kelompok belajar dan kemampuan santri masing-masing. (2) strategi guru menumbuhkan minat menulis Al-Qur’an dengan melalui pengelompokkan serta membuat formasi tempat duduk yang nyaman. Strategi individual yang digunakan guru selama pembelajaran. Guru adalah pusat penyampaian materi dengan buku pendamping serta memberikan perhatian intensif untuk membangkitkan kepercayaan diri santri (3) Strategi guru menumbuhkan minat pendalaman kitab tajwid dengan pembiasaan. Di tentukan hari pendalam tajwid dan Al-Qur’an pada hari sabtu, sesuai dengan metode An-Nahdliyah. Santri lebih diarahkan dengan metode drill dalam penyampaian hukum tajwid, makharijul huruf,ahkamul huruf dan pembiasaan hafalan doa-doa sehari disesuaikan dengan kelompok dan kelas belajar masing-masing. Santri diberikan motivasi dan bimbingan dalam memahami bacaan Al-Qur’an sehingga mampu menumbuhkan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173320 AISYAH ELIN ZANAINI
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:33
Last Modified: 26 Aug 2021 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21379

Actions (login required)

View Item View Item