STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL DI ERA PANDEMI COVID -19 (Studi Multisitus di MI Tarbiyatussibyan dan MI Al Hikmah Boyolangu Tulungagung)

FATI’AH KUSMADUNI, 12505194010 (2021) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL DI ERA PANDEMI COVID -19 (Studi Multisitus di MI Tarbiyatussibyan dan MI Al Hikmah Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Kusmaduni, Fati’ah, 2021, Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Virtual di Era Pandemi Covid -19 (Studi Multisitus di MI Tarbiyatussibyan dan MI Al Hikmah Boyolangu Tulungagung).Tesis, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing I: Prof. Dr. H. Ahkyak, M.Ag., Pembimbing II: Dr. M. Zaini, M.A. Kata Kunci: Strategi, Mutu Pembelajaran, Berbasis Virtual Mutu pendidikan merupakan sesuatu yang perlu ditingkatkan supaya eksistensi lembaga pendidikan dapat terjamin. Peningkatan mutu pembelajaran di era pandemi Covid 19 ini dilakukan dengan menggunakan sistem virtual. Maka dari itu diperlukan strategi khusus untuk meningkatkan mutu pembelajaran berbasis virtual. Pertanyaan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis virtual dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Pandemi Covid -19 pada MI Tarbiyatussibyan dan MI Al Hikmah Boyolangu Tulungagung? 2. Bagaimana penentuan materi berbasis virtual dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Pandemi Covid -19 pada MI Tarbiyatussibyan dan MI Al Hikmah Boyolangu Tulungagung? 3. Bagaimana penggunaan metode dan media berbasis virtual dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Pandemi Covid -19 pada MI Tarbiyatussibyan dan MI Al Hikmah Boyolangu Tulungagung? 4. Bagaimana evaluasi berbasis virtual dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Pandemi Covid -19 pada MI Tarbiyatussibyan dan MI Al Hikmah Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan penelitian studi multisitus (multy-site studies).Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data memakai analisis data kasus tunggal, dengan teknik analisis data: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan analisis lintas situs dengan komparatif konstan. Teknik pengecekan keabsahan temuan dengan kredibilitas, dependenbilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas. Hasil penelitian: pertama, Perencanaan pembelajaran memainkan peranan penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas profesionalnya sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar para siswanya. Guru merencanakan pembelajaran jarak jauh dengan silabus dan RPP dengan menekankan pembelajaran menggunakan Google Classroom dan Whatsapp. Perencanaan yang baik akan menjadikan proses pembelajaran menjadi bermutu. Kedua, Pembelajaran virtual sangat memperhatikan pemilihan materi pembelajaran. Materi yang berhubungan dengan olahraga maka diperlukan contoh, harus dilakukan dengan video pembelajaran. Materi yang berhubungan dengan matematika maka bisa digunakan pembelajaran google classroom atau whatsapp. Materi yang berhubungan dengan bahasa, maka bisa digunakan zoom atau penugasan. Pemilihan materi yang tepat akan meningkatkan daya serap peserta didik. Ketiga, Pengelolaan proses pembelajaran Guru berperan sebagai fasilitator, sehingga tercipta interaksi guru-peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan guru, terjadi komunikasi multi arah, sikap guru terhadap peserta didik harus menimbulkan rasa nyaman. Guru mengembangkan metode pembelajaran yang konstruktif, inovatif seperti zoom, google meet, google classroom, whatsapp dan sebagainya. Guru juga Memanfaatkan berbagai sumber belajar (lingkungan, nara sumber, dan penunjang belajar lainnya) tidak hanya dari guru. Pemilihan media dan metode pembelajaran virtual yang tepat akan mampu mendongkrak hasil belajar peserta didik. Keempat; Evaluasi hasil belajar pada madrasah ibtidaiyah memakai ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, dan untuk kelulusan diambil dari rata-rata raport dan UAMBN. Pelaksanaan evaluasi hasil belajar dilakukan dengan google form atau semi daring. Standar ketuntasan belajar di madrasah adalah melalui KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimum dan 80% pembelajaran. Evaluasi yang tepat akan mampu merepresentasikan hasil pembelajaran dengan tepat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505194010 FATI’AH KUSMADUNI
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:55
Last Modified: 26 Aug 2021 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21417

Actions (login required)

View Item View Item