UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

MOHAMMAD ANDI NUR AFIANTO, 12201173127 (2021) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs Aswaja Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Mohammad Andi Nur Afianto, NIM. 12201173127, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Guru, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya berbagai fenomena penyimpangan akhlak peserta didik di era globalisasi ini. Apabila hal ini diabaikan dan tidak dibina dengan baik, maka akan menimbulkan suatu hal yang buruk. Tentu harus diarahkan dengan baik, dibina, ditanamkan bekal agama yang cukup, hal ini bertujuan sebagai pengontrol akhlak peserta didik. Peran sekolah dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik sangatlah penting, sehingga dalam hal ini memerlukan metode pembentukan dan pembinaan yang baik. Dengan demikian pembentukan sekaligus perbaikan secara terus menerus dan berkelanjutan harus dilakukan oleh guru untuk memantau dan membina akhlak peserta didik, harapannya adalah agar peserta didik memiliki dan mampu menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembentukan akhlakul karimah peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan evaluasi guru dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan diskusi teman sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) perencanaan guru dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik adalah dengan menjalankan visi misi madrasah, mengutamakan guru agar lebih siap untuk menjadi teladan bagi peserta didik, dan memberi sarana dan fasilitas penunjang keberhasilan pembentukan akhlakulxv karimah peserta didik. (2) pelaksanaan pembentukan akhlakul karimah peserta didik mengadakan program kegiatan-kegiatan keagamaan dan menggunakan berbagai metode. Metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan pembentukan akhlakul karimah peserta didik antara lain adalah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat, dan metode hukuman. (3) Evaluasi guru dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik adalah dengan melalui pengawasan langsung perilaku peserta didik sehari-hari, evaluasi dengan melibatkan wali kelas dan orang tua siswa, dan melalui rapat guru setiap dua minggu dan satu bulan sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAI 12201173127 MOHAMMAD ANDI NUR AFIANTO
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:50
Last Modified: 26 Aug 2021 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item View Item