MARISA KHOIRILA, 17201163241 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (277kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (273kB) |
Abstract
ABSTRAK Marisa Khoirila, NIM.17201162341, Strategi Guru PAI dalam Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, 2021 , Pembimbing : Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, PPK Gotong Royong Penelitian ini dilatar belakangi pada betapa pentingnya dunia pendidikan sebagai lini terdepan dalam peningkatan karakter peserta didik. Lembaga sekolah adalah salah satu tempat dimana para peserta didik melakukan latihan bermasyarakat. Guru merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam hal pendidikan karakter peserta didik di lingkungan sekolah. Penggunaan strategi yang baik dan tepat dalam setiap kegiatan pembelajaran dapat mempermudah guru dalam melakukan pembinaan pendidikan karakter peserta didik pada kegiatan pembelajaran Penulis ingin mengetahui cara-cara yang dilakukan guru PAI, baik dalam praktek kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikulernya dalam menanamkan dan kemudian memperkuat karakter gotong royong ini pada peserta didik di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, sehingga peserta didik dapat bersosialisai dengan baik, tidak introvert, berempati, mau menolong sesamanya, bertoleransi dan memiliki rasa solidaritas.Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan dan mengetahui strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter gotong royong melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif, dimana fenomena yang ada digambarkan dan dideskripsikan dalam bentuk penelitian. Teknis analisis data merujuk pada teori, keabsahan data, dan hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Muatan materi pembelajaran PAI tentang penguatan pendidikan karakter gotong-royong yaitu, ukhuwah islamiyah mengajarkan peserta didik saling tolong-menolong dan gotong-royong dalam kebaikan, saling nasehat menasehati (Q. S Luqman: 13-14 dan al-Baqarah: 83), munakahat, dan strategi perkembangan dakwah Islam dengan konsep pada kerjasama. 2) Strategi penguatan pendidikan karakter gotong-royong yang dilakukan di sekolah tersebut sudah sesuai dengan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2017 dan sudah sesuai dengan indikator gotong-royong. 3) Dampak yang dirasakan oleh peserta didik dari adanya program PPK ini diantaranya adalah meningkatnya prestasi belajar peserta didik dan terjalinnya hubungan baik antar sesame warga sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163241 MARISA KHOIRILA |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 07:55 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 07:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21463 |
Actions (login required)
View Item |