FITRIA NUR HIDAYATI, 12210173065 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (458kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi” ini ditulis oleh Fitria Nur Hidayati, NIM. 12210173065, pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M. Pd. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran daring, E-Learning Adanya imbauan untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah akibat Covid-19 yang sedang menimpa Indonesia membuat pemerintah harus mengeluarkan kebijakan baru terkait pembelajaran, yakni melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring atau dalam jaringan. Ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi tersebarnya Covid-19. Semua instansi pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi wajib melaksanakan pembelajaran dengan sistem daring, termasuk pada lembaga pendidikan MTsN 3 Nganjuk yang juga menerapkan sistem pembelajaran daring dengan menggunakan situs web E-Learning. MTsN 3 Nganjuk ini merupakan Madrasah pertama di Nganjuk yang menerapkan sistem pembelajaran daring dengan program kurikulum berbasis SKS By School. Oleh karena itu, penulis memilih MTsN 3 Nganjuk sebagai lokasi penelitian untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring dengan program kurikulum baru yang dijalankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring Bahasa Indonesia, (2) mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat keberhasilan dalam pembelajaran daring di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap dari model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode member check dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) implementasi pembelajaran daring Bahasa Indonesia di MTsN 3 Nganjuk sebelumnya menggunakan aplikasi whatsApp dan telegram yang kemudian beralih pada situs web E-Learning dengan tahap perencanaan awal yakni dengan merancang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran secara daring pada situs web E-Learning, dan evaluasi pembelajaran yang mengacu pada hasil ketuntasan UKBM dan CBT (computer based test); (2) faktor pendukung keberhasilan dalam pembelajaran daring antara lain peran aktif siswa, peran orang tua, motivasi guru, dan sarana yang memadai. Faktor penghambat keberhasilan dalam pembelajaran daring antara lain kurangnya antusias siswa, kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam mengajar, dan ketidakstabilan jaringan internet yang digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Daring Pandemi Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173065 Fitria Nur Hidayati |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 02:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21477 |
Actions (login required)
View Item |