STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

FITRIA RAHMAWATI, 12201173003 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pengembangan Budaya Religius Siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Fitria Rahmawati, NIM 12201173003, pembimbing Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Budaya Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa terdapat lembaga pendidikan Islam yang benar-benar berusaha mendidik siswanya agar mempunyai karakter Islami dan mencetak siswa yang berkepribadian sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Salah satunya dengan cara pengembangan budaya religius di sekolah. Pengembangan budaya religius bertujuan agar siswa di sekolah tersebut setiap tingkah lakunya kental dengan nilai-nilai religius. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru Akidah Akhlak dalam pengembangan budaya religius siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru Akidah Akhlak dalam pengembangan budaya religius di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung (3) untuk mendeskripsikan evaluasi strategi guru Akidah Akhlak dalam pengembangan budaya religius siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah study kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategi guru Akidah Akhlak dalam pengembangan budaya religius siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu (1) diawali dengan memahami karakter siswa. Kemudian guru Akidah Akhlak merencanakan strategi dalam pengembangan budaya religius yaitu melalui pembelajran di dalam kelas, pembiasaan kegiatankegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler. (2) Pelaksanaan strategi guru Akidah Akhlak dalam pengembangan budaya religius siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu melalui: pembelajaran di dalam kelas yang meliputi penyampaian materi Akidah Akhlak secara langsung, hafalan Juz Amma, hafalan asmaul husna, pembentukan kelompok, keaktifan siswa serta kerjasama siswa dalam kelompok. Pembiasaan-pembiasaan kegiatan keagamaan meliputi berdoa bersama di pagi hari, sholat Dhuha pada jam istirahat, sholat Fardhu berjamaah, tadarus, wiridan dan diniyah. Disamping itu siswa diwajibkan untuk berpakaian sopan dan rapi. Dan guru harus memberikan keteladanan serta motivasi untuk siswa. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu sholawatan yang sudah dijadwal setiap malam Jum’at dengan dipimpin oleh bapak ibu guru yang sudah dijadwal. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan keakraban antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. (3) Evaluasi strategi guru Akidah Akhlak dalam pengembangan budaya religius siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu dengan evaluasi mingguan yang dilakukan guru Akidah Akhlak di dalam kelas melalui kuis. Serta Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Evaluasi kegiatan-kegiatan keagamaan dilakukan guru Akidah Akhlak dengan mengamati sikap siswa ketika melakukan kegiatan tersebut. Juga diadakan rapat guru-guru dan rapat wali siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173003 FITRIA RAHMAWATI
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:27
Last Modified: 30 Aug 2021 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21508

Actions (login required)

View Item View Item