ASNA AFIDATUL ISMA, 12205173132 (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (792kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (453kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (434kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (449kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik melalui Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Asna Afidatul Isma, NIM 12205173132, dibimbing oleh Bapak Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Karakter religius, Kegiatan keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman sekarang yang semuanya serba canggih dapat memicu perubahan perilaku dan karakter. Sehingga sering terjadi kerusakan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti tidak melaksanakan perintah agama sebagai seorang muslim. Perlu kiranya membentengi diri dengan memperbaiki karakter anak sejak dini agar terhindar dari hal-hal negatif seiring perkembangan zaman. Maka dari itu diperlukan kegiatan keagamaan untuk dapat membentuk karakter religius pada peserta didik dengan baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan harian di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan mingguan di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan harian yaitu dengan kegiatan shalat dhuha berjamaah, dan do’a sebelum dan sesudah pembelajaran. Pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan harian shalat dhuha berjamaah antara lain: a) pembiasan rutin, b) peserta didik menjadi imam, c) memberikan contoh, d) peserta didik menjadi gemar beribadah. Pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan harian do’a sebelum dan sesudah pembelajaran antara lain: a) do’a dipimpin ketua kelas, b) pembiasaan rutin, c) adanya buku panduan berdo’a, d) peserta didik menjadi terbiasa berdo’a sebelum dan sesudah aktivitas. (2) Strategi guru dalam pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan mingguan yaitu dengan membaca yasin dan tahlil, dan hafalan surat-surat pendek. Pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan mingguan yasin dan tahlil antara lain: a) pembiasaan rutin, b) yasin dan tahlil diimami peserta didik, c) memberikan motivasi, d) peserta didikmenjadi terbiasa membaca yasin dan tahlil di rumah. Pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan hafalan surat-surat pendek antara lain: a) surat yang dihafalkan berbeda-beda setiap tingkatan, b) pembiasaan rutin, c) peserta didik mempunyai banyak surat pendek yang dihafali.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173132 ASNA AFIDATUL ISMA |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 02:47 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21523 |
Actions (login required)
View Item |