PENGUATAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di SDI Tanen dan MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

ROSIDA IRMAWATI, 12505184031 (2020) PENGUATAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di SDI Tanen dan MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Thesis dengan judul “ Penguatan Budaya Sekolah dalam Membentuk Sikap Religius Peserta Didik ( Studi multikasus di SD Islam Tanen Rejotanag Tulungagung dan MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung yang di tulis oleh Rosida Irmawati, NIM 12505184031 , dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Muawanah, S.Ag., M.Pd dan Dr. H. Nur Efendi M.Ag Kata Kunci: Budaya Sekolah, Sikap Religius Penguatan Budaya Sekolah, dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana sikap religius masih sangat kurang, pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik mengenai sikap masih sangat umum. Peserta didik belum tahu cara untuk menghormati, menghargai sesama apa lagi dengan bapak/ibu guru. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran tersebut yang perlu adanya penanaman budaya sekolah dalam pembiasaan keagamaan, diharap peserta didik bisa menjadi pribadi yang baik atau positif. Pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi budaya sekolah dalam membentuk sikap religius di SDI tanen, Rejotangan, Tulungagung dan MI Sabilul Muhtadin, Pakisrejo Rejotangan, Tulungagung?, (2) Bagaimana metode menentukan jenis pembiasaan keagamaan SDI tanen, Rejotangan, Tulungagung dan MI Sabilul Muhtadin, Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi pembiasaan keagamaan peserta didik di SDI tanen, Rejotangan, Tulungagung dan MI Sabilul Muhtadin, Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multikasus, sumber data yang dalam penelitian ini ada dua macam yaitu sumbar data insani dan sumber data noninsani. Teknik pengumpulan data Observasi partisipatif, Wawancara mendalam (indepth interview), Dokumentasi. Teknik Analisis data Analisis data dilakukan secara induktif. Penelitian kualitatif tidak dimulai dari deduksi teori, tetapi dimulai dari fakta empiris.Peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Pengecekan Keabsahan Data: Triangulasi, Perpanjangan pengamatan, Meningkatkan ketekunan, Diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan budaya sekolah dalam membentuk sikap religius yaitu: (1) strategi yang di gunakan adalah dengan menerapkan beberapa strategi seperti keteladanan, pembiasaan sholat berjamaah, membaca baca tulis Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati dan Metode Thoriqoty, (2) metode yang digunakan meliputi: metode diantaranya: a) Metode Qiro’ati, b) Metode keteladanan, c) Metode pembinaan, d) Metode pembiasaan, e)Metode Hukuman dan Reward. (3) evaluasi yang diterapkan pada lembaga tersebut dengan evaluasi tes tertulis dan tidak tertulis

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184031 ROSIDA IRMAWATI
Date Deposited: 31 Aug 2021 05:54
Last Modified: 31 Aug 2021 05:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21539

Actions (login required)

View Item View Item