PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN PAGERSARI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

HAKIM, HALIMA UMI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN PAGERSARI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Umi Hakim, Halima, 2015 “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Matematika Pada Siswa Kelas V MI Roudlotul Muta’allimin Pagersari Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing; Musrikah, S.Pd.I, M.Pd Kata Kunci : Model Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Berpikir Kreatif Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di kelas V MI/SD adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Hal tersebut disebabkan salah satunya karena kelemahan siswa dalam aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Untuk mengatasi itu diperlukan pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah pembelajaran dengan model Problem Based Instruction . Model Problem Based Instruction (PBI) adalah konsep belajar yang membantu guru menghubungkan antara materi pelajaran yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliknya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Model Problem Based Instruction (PBI) dalam pelaksanannya siswa dituntut untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu dilakukan sebagai upaya mengaktifkan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model Problem-Based Intruction (PBI) pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan di kelas V MI Roudlotul Muta’allimin Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 ? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Instruction(PBI) pada siswa kelas V MI Roudlotul Muta’allimin Pagersari Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan siswa kelas V MI Roudlotul Muta’allimin Pagersari Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/202) Meningkatkan kemampuan berikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada siswa kelas V MI Roudlotul Muta’allimin Pagersari Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun tekhnik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk kalimat-kalimat dan aktivitas siswa dan guru, kemudian data tersebut dianalisis dalam tahapan yang terdiri dari tahap reduksi, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Instruction ( PBI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifsiswa. Terbukti dari hasil tes yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu 29,41% pada tes awal menjadi 64,71% pada siklus 1 kemudian naik menjadi 82,35% pada siklus 2. Dengan demikian pada siklus 2 telah mencapai target awal bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pelajaran matematika. Dalam penelitian ini siswa menunjukkan respon yang positif terhadap model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Hal tersebut dapat diketahui dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap salah satu siswa kelas V MI Muta’allimin Pagersari Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: skripsi HALIMA HAKIM
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:08
Last Modified: 09 Sep 2015 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item