CINDITIA DEWI NURJANAH, 12205173112 (2021) STRATEGI GURU DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEPANJENLOR 3 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (482kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (158kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi degan judul “Strategi Guru dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Negeri Kepanjenlor 3 Blitar” ini ditulis oleh Cinditia Dewi Nurjanah, NIM. 12205173112, Pembimbing Drs. H. Jani M.M., M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah. Sebelum adanya undang-undang yang mengatur tentang pendidikan inklusif, para ABK ini sekolahnya dipisahkan dari anak reguler lainya dan selalu dipandang sebelah mata, terkena perundungan, dan dikucilkan oleh teman-teman seusianya dan masyarakat, padahal dari para ABK ini ada yang mempunyai bakat dan potensi yang jauh lebih baik dari anak reguler yang lain, seperti bisa meraih kejuaraan di perlommbaan tingkat sekolah. Oleh karenanya dalam hal ini peneliti ingin menguak lebih dalam seberapa jauh strategi guru dalam implementasi pendidikan inklusif di SDN Kepanjenlor 3 Kota Blitar, agar bisa memaksimalkan pelaksanaan pendidikan inklusif ini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan program pendidikan inklusif di SDN Kepanjenlor 3 Blitar tahun ajaran 2020/2021? (2) Bagaimana proses implementasi program pendidikan inklusif di SDN Kepanjenlor 3 Blitar tahun ajaran 2020/2021? (3) Bagaimana evaluasi pendidikan inklusif di SDN Kepanjenlor 3 Blitar tahun ajaran 2020/2021?. Adapun yang menjadi Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mendeskripsikan tentang perencanaan program pendidikan inklusif di SDN Kepanjenlor 3 Blitar tahun ajaran 2020/2021, mendeskripsikan tentang proses implementasi program pendidikan inklusif di SDN Kepanjenlor 3 Blitar tahun ajaran 2020/2021, mendeskripsikan tentang evaluasi pendidikan inklusif di SDN Kepanjenlor 3 Blitar tahun ajaran 2020/2021. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah Dasar Negeri Kepanjenlor 3 Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru SDN Kepanjenlor 3 Blitar, sebagai dasar acuan untuk evaluasi program pendidikan inklusif di kelas.Bagi siswa SDN Kepanjenlor 3 Blitar sebagai bahan kajian dan renungan untuk menyadari betapa pentingnya sikap saling menghargai walaupun ada sebayanya yang berkebutuhan khusus. Dalam Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, deskriptif analitik. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator inklusif dan guru pendamping khusus SDN Kepanjenlor 3 Blitar. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Guru menyusun perencanaan berupa program kerja guru pendamping khusus yang berisi agenda kegiatan-kegiatan siswa berkebutuhan khusus selama satu tahun, Proses implementasi meliputi tenaga pendidik kependidikan, kurikulum yang digunakan dan sarana prasarana untuk sekolah inklusi,Evaluasi pendidikan inklusif di SDN Kepanjenlor 3 Blitar dilaksanakan setiap enam bulan sekali sebelum penerimaan raport.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | SKRIPSI 12205173112 CINDITIA DEWI NURJANAH |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 07:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21675 |
Actions (login required)
View Item |