REALIASI PRINSIP KERJA SAMA SISWA KELAS VIII D PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING DI MTSN 7 KEDIRI

FITRIA RAHAYU PUTRI, 12210173096 (2021) REALIASI PRINSIP KERJA SAMA SISWA KELAS VIII D PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING DI MTSN 7 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (111kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Realisasi Prinsip Kerja Sama Siswa Kelas VIII D pada Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Daring di MTsN 7 Kediri” ini ditulis oleh Fitria Rahayu Putri, NIM. 12210173096, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci: Pragmatik, Prinsip kerja sama, Pembelajaran bahasa Indonesia Pragmatik dalam bertutur pada situasi komunikasi ialah fenomena menarik untuk dikaji dari berbagai perspektif. Komunikasi berlaku agar percakapan bisa berlangsung secara kooperatif. Komunikasi terjadi saat, peserta tutur (penutur dan mitranya) diharapkan mampu merealisasikan prinsip kerja sama agar komunikasi yang dilakukan tetap dapat menyampaikan informasi yang dapat diterima oleh partisipan (penutur dan mitranya). Kerja sama merupakan bagian dari kaidah-kaidah sosial serta kompetensi strategi berbahasa yang berperan penting dalam proses komunikasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa ada realisasi prinsip kerja sama pada pembelajaran daring dilakukan oleh siswa. Penelitian tentang realisasi prinsip kerja sama sangat penting dilakukan karena memberikan manfaat yang banyak untuk siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Indonesia secara daring. Realisasi prinsip kerja sama sangat penting untuk mengefektifkan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Berdasarkan hal demikian, diharapkan menjadi acuan untuk memperbaiki prinsip kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan penguasaan, penggunaan, dan pemilihan kosa kata bahasa Indonesia yang baik, sebagai dasar untuk membangun kerja sama yang baik, khususnya dalam hal berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bentuk pematuhan prinsip kerja sama dan pelanggaran prinsip kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tangkapan layar whatsapp group kelas VIII D saat pembelajaran daring bahasa Indonesia. Datanya berupa realisasi prinsip kerja sama yang meliputi pematuhan tuturan dan pelanggaran tuturan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Realisasi prinsip kerja sama pada pembelajaran bahasa Indonesia secara daring di MTsN 7 Kediri ditemukan sekitar 80% berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan 20 % berkomunikasi dengan bahasa Jawa. Adapun yang diteliti dalam penelitiaan ini adalah (1) Pematuhan prinsip kerja sama, dan (2) pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara daring di MTsN 7 Kediri. Tuturan antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan pematuhan prinsip kerja sama, yang meliputi maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Pelanggaran prinsip kerja sama ditemukan pada maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Penutur perlu menguasai prinsip kerja sama dalam bertutur agar memberikan kenyamanan menjadikan peristiwa tutur lebih kooperatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173096 fitria
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:43
Last Modified: 31 Aug 2021 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21677

Actions (login required)

View Item View Item