PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN GANDUSARI TRENGGALEK

ANJARSARI, RATNA (2015) PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
awalan.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran The Power Of Two Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sains Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Ratna Anjarsari, NIM. 3217113084, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Metode The Power Of Two, Prestasi Belajar Sains. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Sains di sekolah, yang prestasi belajar siswa masih relative rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode the power of two. Penggunaan metode the power of two dalam proses belajar rmengajar diharapkan dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Sains, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan metode the power of two pada mata pelajaran Sains pokok bahasan energi bunyi pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek? 2. Apakah ada peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Sains pokok bahasan energi bunyi melalui penerapan metode the power of two siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendiskripsikan penerapan metode the power of two pada mata pelajaran Sains pokok bahasan energi bunyi siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek. 2. Untuk mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Sains pokok bahasan energi bunyi melalui penerapan metode the power of two siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek. Manfaat penelitan ini adalah (1) Bagi kepala Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, (2) Bagi para guru Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas, terutama dalam hal metode pembelajaran, (3) Bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek, Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi pelajaran, (4) Bagi peneliti lain, Hasil penelituan ini dapat dijadikan untuk mengembangkan penelitian lain khususnya di bidang pendidikan, (5) Bagi perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan buat mahasiswa lainnya, (6) Bagi pembaca, Sebagai penambah wawasan dan pengetahuan baru mengenai sistematika penulisan skripsi atau metode pembelajaran yang digunakan dalam skripsi tersebut. xviii Penerapan metode the power of two ini dengan langkah-langkah: 1) kegiatan awal guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. 2) kegiatan inti adalah guru memberikan penjelasan sedikit kepada para siswa, kemudian guru beserta murid melakukan pembagian kelompok sambil membagikan alat yang akan digunakan praktek. Setiap kelompok tersebut mendapatkan satu alat tersebut. Setelah itu guru mempraktekkan satu alat tersebut berupa kaleng bekas, yang mana kaleng tersebut dapat menghasilkan bunyi. Kemudian siswa disuruh mendiskusikan bersama kelompok masing-masing sebelum mempresentasikan ke depan kelas. Setelah selesai, siswa mempresentasikan dengan kelompok. Sementara kelompok yang lainnya memberi komentar dan menanyakan yang belum dipahami kepada siswa yang mempresentasikan. 3) kegiatan penutup peneliti membuat kesimpulan, refleksi, dan guru menutup kegiatan belajar dengan salam. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode the power of two dapat meningkatkan prestasi belajar Sains. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 72,72 (54,54%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 85,45 (90,90%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan adannya peningkatan. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode the power of two dapat meningkatkan prestasi belajar Sains materi energi bunyi kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RATNA ANJARSARI
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:31
Last Modified: 16 Nov 2015 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item