STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN TATA KRAMA MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA DI MI PLUS MADANIA KRAS KEDIRI

RO’UN ANDARWATI, 12205173285 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN TATA KRAMA MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA DI MI PLUS MADANIA KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ro'un Andarwati NIM 12205173285. Strategi guru dalam meningkatkan tata krama melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama di MI Plus madania kras Kediri. Skripsi. Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan. Institut agama Islam negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Muniri M.Pd Generasi muda yang tidak mau menerapkan unggah-ungguh bahasa Jawa yang dianggap sulit, mereka juga mempunyai banyak kendala dalam menggunakan bahasa yang sopan dan hormat (ragam krama). Alasanya yaitu unggah-ungguh dinilai rumit akibatnya mereka (khususnya anak muda sekarang ini) ragu apabila salah menerapkan unggah-ungguh yang tepat, sehingga justru dinilai tidak punya sopan santun dan sombong; alasan yang kedua bahasa Jawa (ungguh-ungguh) dianggap atau di judge tidak membawa kemajuan dalam meraih cita-cita masa depanya. Padahal alasan itu tidak bisa disepakati, karena sebagai Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah dan guru MI Plus Madania. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan perpanjangan penelitian ketekunan dan keajekan pengamat triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian skripsi ini adalah yang pertama pembiasaan berbahasa Jawa krama di MI Plus madania dilaksanakan setiap hari senin sampai sabtu pelaksanaan pembiasaan berbahasa Jawa tersebut memiliki hambatan internal dan eksternal yang kedua pembiasaan bersikap sopan dan santun dilaksanakan setiap hari pembiasaan ini berdampak pada ada perilaku atau karakter siswa yang sopan dan santun dengan tujuan siswa memiliki adab yang baik. Ketika program pembiasaan disiplin seperti menata sepatu di depan kelas hal ini adalah kegiatan luar kelas yang dilakukan setiap hari dengan koordinasi pelaksanaan program bersama wali murid dan guru sehingga pelaksanaannya dapat dilakukan di sekolah maupun di rumah. program ini memiliki dampak positif pada moral feeling dan moral action peserta didik sedangkan hambatan pada program ini berupa hambatan internal dan eksternal. Kata kunci: Bahasa Jawa, Pembiasaan, Tata karma.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173285 RO’UN ANDARWATI
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:14
Last Modified: 14 Sep 2021 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item View Item