UPAYA GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN REWARD DI KELAS VII MTS NEGERI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015

MUTOHAR, IFTAKHUL, TOHAR (2015) UPAYA GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN REWARD DI KELAS VII MTS NEGERI KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL LUAR.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Al-Quran Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Reward Di Kelas VII MTsN Karangrejo,Tulungagung.” Ini ditulis oleh Iftakhul mutohar, NIM. 3211113085, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci : Reward, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya guru yang mengabaikan hal-hal kecil seperti kurangnya memberi suatu reward kepada siswa yang berprestasi atau jarangnya memberikan pujian kepada siswa dikarenakan guru lebih fokus pada materi yang akan disampaikan. Reward adalah alat pendidikan yang menyenangkan. Reward bukan hanya hadiah melainkan dengan pujian, menambahkan angka serta acungan jempol bisa diberikan kepada siswa. Siswa akan menjadi senang dan juga termotivasi. Dalam pembelajaran Al-Quran dan hadist siswa dituntut untuk dapat membaca, memahami, menghafal dan mempraktekkan ke dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya reward akan memudahkan guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, apabila peserta didik termotivasi maka kegiatan pembelajaran akan berjalan maksimal dan bagi siswa belajar akan menjadi pengalaman yang menyenagkan. Adapun yang menjadi fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru Al-Quran dan hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian reward di kelas VII MTsN Karangrejo? (2) Bagaimana Peluang dan hambatan Guru Al-Quran dan hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian reward di kelas VII MTsN Karangrejo? (3) Bagaimana hasil guru Al-Quran dan hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian reward di kelas VII MTsN Karangrejo? Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) menyajikan data, 2) membandingkan antara hasil wawancara dengan hasil observasi, dan 3) menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan guru al-quran hadist dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward adalah; a) mengenal siswa, b) memperbaiki hubungan dengan siswa, c) mengatur intensitas pemberian reward, d) memberi kesempatan kepada siswa untuk unjuk diri. 2) Peluang dan hambatan Guru Al-Quran dan hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian reward adalah; a) Peluang: membantu pendidik menguasai kelas, memberi pengalaman lebih nyata, menarik perhatian dan minat belajar siswa. b) Hambatan: faktor kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi dan faktor kemampuan individu siswa. 3) Hasil guru Al-Quran dan hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian reward adalah: a) kemampuan peserta didik semakin meningkat, b) prestasi belajar peserta didik meningkat, c) siswa semakin mudah dikendalikan di dalam kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iftakhul ifta tohar
Date Deposited: 17 Nov 2015 02:05
Last Modified: 17 Nov 2015 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item View Item