LUTFIYATUR ROKHMAH, 12209173012 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL IPS SEMESTER II DENGAN MEDIA E-BOOK BERBASIS APLIKASI OFFICE SWAY UNTUK GURU IPS KELAS VII DI MTs N 6 TULUNGANGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (553kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (803kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Modul IPS Semester II dengan Media E-Book Berbasis Aplikasi Office Sway untuk Guru IPS Kelas VII di MTs N 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfiyatur Rokhmah, NIM. 12209173012, pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati., S.S., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Modul, Aplikasi Office Sway Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya literasi bahan ajar yang bisa digunakan oleh guru dan siswa untuk pembelajaran daring ketika masa pandemi covid-19 khususnya pada materi IPS semester II. Berdasarkan hal tersebut maka penliti memanfaatkan bahan ajar modul dengan media e-book berbasis aplikasi office sway ini, diharapkan dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, meningkatkan minat belajar siswa dan membantu memudahkan guru dalam menyampaikan materi Pembelajaran IPS Kelas VII Semester II di MTs N 6 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana analisis, tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar modul dengan media ebook berbasis aplikasi office sway untuk Guru IPS kelas VII semester II di MTs N 6 Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar modul dengan media e-book berbasis aplikasi office sway untuk guru IPS kelas VII Semester II di MTs N 6 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk baru. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan di MTs N 6 Tulungagung dengan subjek penelitian kelas VII-A. data penelitian awal ini diperoleh melalui observasi, analisis awal, angket validasi, wawan cara, angket respon siswa, serta nilai post-test dan pre-test, kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi bahan ajar. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media, menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 80%. Hasil uji validasi oleh ahli materi menunjukkan rata-rata presentase sebesar 77,5% dan berdasarkan hasil uji validasi oleh guru mata pelajaran IPS, menunjukkan ratarata presentase sebesar 85.78%. Berdasarkan hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar praktis digunakan karena telah memenuhi 3 kriteria kepraktisan yaitu, angket respon peserta didik menyatakan bahwa bahan ajar praktis digunakan, nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik lebih dari 75% yaitu sebesar 87,35% hal tersebut menjadikan bahan ajar praktis digunakan. Setelah dilakukan perbandingan dan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar ini dapat dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPS kelas VII Semester II
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209173012 LUTFIYATUR ROKHMAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 02:39 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21728 |
Actions (login required)
View Item |