KHOTIMAH, KHUSNUL (2011) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2007-2008. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (51kB) |
|
Text
BAB II .doc Download (162kB) |
|
Text
BAB III .doc Download (470kB) |
|
Text
BAB IV .doc Download (640kB) |
|
Text
BAB V .doc Download (23kB) |
|
Text
Cover.doc Download (946kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (26kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesempatan peserta didik dalam proses belajar salah satu penyebabnya adalah metode dan pendekatan yang dikuasai guru belum beranjak dari pola tradisional, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru. Cara guru mengajar yang terlalu menekankan pada penguasaan sejumlah informasi atau konsep belaka. Konsep merupakan hal yang sangat penting, namun bukan terletak pada konsep itu sendiri tetapi terletak pada bagaimana konsep itu pada konsep itu sendiri tetapi terletak pada bagaimana sikap, keputusan dan cara-cara memecahkan masalah. Kenyataan dilapangan siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata dalam hal ini peneliti berupaya meningkatkan pemahaman dan pendekatan siswa terhadap materi pelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, sehingga siswa akan dapat belajar berpikir kritis dan terampil memecahkan masalah serta mampu memahami konsep dan cara mengkaitkannya dalam kehidupan nyata. Yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran berbasis masalah pada balok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008, (2) Bagaimana respon siswa dengan pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008, (3) Bagaimana pemahaman pokok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan, proses pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008, (2) Untuk mengetahui respon siswa dalam proses pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun pelajaran 2007/2008, (3) Untuk mengetahui pemahaman pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN KarangrejoTulungagung. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah (a) tes yang bertujuan untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap hasil belajar yang dicapai oleh siswa, (b) wawancara yang dilakukan untuk menelusuri dan mengetahui kedalaman pemahaman siswa tentang pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok, (c) observasi yang dilakukan untuk mengamati segala aktivitas peneliti dan siswa selama kegiatan penelitian. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran berbasis masalah dengan cara melihat hasil tes formatif siswa. Sebelum diterapkannya metode pembelajaran berbasis masalah, dalam penelitian ini dilakukan dua kali siklus, yang sebelumnya diadakan observasi awal. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kemudian perencanaan kembali dengan langkah selanjutnya sama seperti awal siklus, Dengan diterapkannya pendekatan berbasis masalah dapat disimpulkan bahwa Pemahaman siswa pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasl yang dicapai siswa pada tes awal nilai rata-ratanya 69,75 mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 83,12 setelah itu pada siklus II pemahaman siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan hasil yang dicapai, siswa pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata 88. Respon siswa terhadap pembelajaran volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) mudah dipahami. Siswa merasa bersemangat belajar matematika, selain itu siswa dapat menemukan konsep, volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 04:09 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2173 |
Actions (login required)
View Item |