EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

NIKEN OKTAVIANI ISABELA PUTRI, 12204173148 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (996kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Kelas X SMAN 1 Campurdarat Tulungagung" ditulis oleh Niken Oktaviani Isabela Putri, NIM. 12204173148, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring, Kemampuan Penalaran Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa, fenomena ini terjadi karena kurangnya ketelitian dan kelengkapan yang dimiliki siswa saat mengerjakan latihan soal-soal matematika, siswa masih bingung dalam melakukan pengelompokkan unsur-unsur yang diketahui dalam soal dan kesalahan dalam melakukan operasi hitung matematika. Media pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi whatsapp dan google classroom. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab fenomena tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak kelas X SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Sampel pada penelitian ini adalah X MIPA 1 (Kelas Eksperimen) sebanyak 35 siswa dan X MIPA 2 (Kelas Kontrol) sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi SMAN 1 Campurdarat Tulungagung sedangkan metode tes digunakan memperoleh nilai yang akan dijadikan sebagai alat ukur penelitian. Data yang akan digunakan diuji terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas dari hasil post-test kedua kelas diperoleh data bahwa keduanya berdistribusi normal dan homogen. Sehingga dilanjutkan pengujian hipotesis menggunakan t-test. Kesimpulannya adalah terdapat keefektifan pembelajaran daring melalui google classroom dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak kelas X SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dengan memperoleh nilai t_hitung=2,744≥t_tabel=1,6674 pada taraf signifikan 5% dan memperoleh rata-rata sebesar 77,86 untuk kelas eksperimen serta memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,36 untuk kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173148 NIKEN OKTAVIANI ISABELA PUTRI
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:11
Last Modified: 06 Sep 2021 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21773

Actions (login required)

View Item View Item