IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

ENDANG LAILATUL MASRUROTUN' NIKMAH, 12201173289 (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek” ditulis oleh Endang Lailatul Masrurotun’ Nikmah dengan dibimbing oleh Dr. Masduki, M.Ag. Kata Kunci : Implementasi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Beribadah. Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang sangat penting. Diharapkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa mampu membentengi diri dari segala hal yang menyimpang dari norma-norma agama sehingga siswa dapat menjalankan syariat-syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan benar sesuai ajaran agama Islam. Implementasi strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa sangat penting dan dibutuhkan karena dapat mendorong perasaan dan emosi siswa dalam memahami, menghayati, dan meyakini kebenaran Agamanya. Siswa juga diberikan kesempatan untuk menggunakan akalnya dalam proses memahami, menghayati, dan meyakini ajaran-ajaran Agamanya. Siswa juga dibiasakan untuk dapat secaran rutin mengamalkan ajaran-ajaran Agamanya dan memaksimalkan pengamalan-pengamalan untuk memperoleh manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di Sman 1 Karangan Trenggalek (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di Sman 1 Karangan Trenggalek (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di Sman 1 Karangan Trenggalek. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis melalui pemaknaan atau proses interpretasi terhadap data-data yang telah diperoleh. Analisis yang dimaksud merupakan upaya mencari dan menata secara sistematis catatan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk meningkatkan pemahaman peneliti tentang persoalan yang diteliti lebih dan menyajikan sebagai temuan lapangan bagi orang lain. Hasil penelitian adalah (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek yaitu dibuatnya RPP atau Rancangan Rencana Pembelajaran sebelum pemberian materi kepada siswa, Adanya absensi sholat dhuhur berjammaah, Program tahunan sekolah yang bersifat keagamaan, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, Ada jadwal sholat dhuha, sholat Jumat, dan sholat dhuhur berjamaah. (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek adalah menerapkan RPP yang telah disusun sebelum pemberian materi kepada siswa mengenai wawasan beribadah, doa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, melaksanakan sholat dhuha, sholat jumat, dan sholat dhuhur berjamaah, melaksanakan pesantren kilat dan zakat fitrah saat bulan ramadhan, melaksanakan penyembelihan binatang kurban saat hari raya idul adha, melaksanakan infaq jumat dan santunan kepada yatim piatu yang dilaksanakan di Sekolah. (3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek yaitu penerapan pemberian sanksi atau efek jera kepada siswa yang tidak mengikuti sholat berjamaah tanpa alasan yang jelas, menjadikan siswa terbiasa melaksanakan ibadah dengan tertib dan disiplin, pelaksanaan ibadah dengan tertib dan disiplin dapat membentuk sifat dan karakter siswa menjadi lebih religius.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173289 Endang Lailatul Masrurotun' Nikmah
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:18
Last Modified: 06 Sep 2021 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21784

Actions (login required)

View Item View Item