STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK (STUDIKASUS DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG)

HANA MAYLA ROSADA, 12205173185 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK (STUDIKASUS DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Tematik (Studikasus di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung)” ini ditulis oleh Hana Mayla Rosada, NIM 12205173185. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata kunci : Strategi Guru, Pembelajaran Daring Latar belakang penelitian: Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau dalam jaringan yang dilaksanakan di rumah. Pembelajaran daring yang tergolong baru terkesan kurang efektif karena kurangnya interaksi antara guru dengan siswa, sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya ketercapaian siswa dalam belajar. Untuk itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang terdiri dari strategi perencanaan, strategi pelaksanaan, dan strategi evaluasi yang berbeda dengan pembelajaran tatapmuka yang dapat meningkatkan keaktifan, antusias siswa dan efektifitas pembelajaran selama pembelajaran daring. Fokus penelitian: (1) Bagaimana strategi perencanaan guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pelaksanaan guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana strategi evaluasi guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan tiga tahapan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, dan pegecekan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) strategi perencanaan yakni; (a) penyusunan RPP Daring (b) penggunaan buku panduan di masa pandemi (c) penggunaan multisumber pada pembelajaran daring (d) penggunaan multimetode pada pembelajaran daring. (2) Strategi pelaksanaan yakni; (a) penggunaan tes pada evaluasi pembelajaran daring (b) penilaian menyeluruh dalam pembelajaran daring (c) melibatkan orangtua dalam pembelajaran daring (d) pendampingan guru selama pembelajaran daring. (3) Strategi evaluasi yakni; (a) penggunaan tes pada evaluasi pembelajaran daring (b) penilaian menyeluruh dalam pembelajaran daring (c) melibatkan orangtua dalam pembelajaran daring (d) pendampingan guru selama pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173185 Hana Mayla Rosada
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:16
Last Modified: 06 Sep 2021 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21853

Actions (login required)

View Item View Item