OCTAVIA RAHMAWATI, 17206163013 (2021) PERAN GURU PAUD DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI PAUD TAMAN ASUH ANAK MUSLIM (TAAM) AL QURAN JABALKAT SAMBIJAJAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (599kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (706kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAUD dalam mewujudkan Budaya Religius di PAUD Taman Anak Asuh Islam Al Quran Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Octavia Rahmawati, NIM. 17206163013, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata kunci: Peran Guru PAUD, Budaya Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pendidikan jenjang PAUD yang saat ini terkesan formal, sehingga memerlukan upaya pengembangan pendidikan keislaman untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena kebiasaan yang berulang akan menjadi sebuah budaya dalam pembentukan kepribadian sebagai peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) peran guru PAUD sebagai model/teladan untuk mewujudkan budaya religius di PAUD TAAM Al Quran Jabalkat (2) peran guru PAUD sebagai pembimbing dalam mewujudkan budaya religius di PAUD TAAM Al Quran Jabalkat (3) peran guru PAUD sebagai motivator dalam mewujudkan budaya religius di PAUD TAAM Al Quran Jabalkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peran guru PAUD sebagai model/teladan dalam mewujudkan budaya religius di PAUD TAAM Al Quran Jabalkat (2) peran guru PAUD sebagai pembimbing dalam mewujudkan budaya religius di PAUD TAAM Al Quran Jabalkat (3) peran guru PAUD sebagai motivator dalam mewujudkan budaya religius di PAUD TAAM Al Quran Jabalkat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Untuk metode pengumpulan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk menggali informasi tentang peran guru PAUD dalam mewujudkan budaya religius di PAUD TAAM Al Quran Jabalkat, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang profil sekolah, kegiatan pembelajaran dan sarana dan prasarana sekolah. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) peran guru PAUD sebagai model mampu melakukan perannya dengan baik jika dilakukan dengan cara (a) menjadi uswah atau teladan dalam menanamkan nilai religius, (b) membiasakan perilaku religius di kelas maupun lingkungan sekolah, (c) guru PAUD menjadi pelopor atau pelaku utama dalam kegiatan keagamaan di sekolah. (2) peran guru PAUD sebagai pembimbing mampu melakukan perannya dengan cara (a) melakukan koordinasi dan kerjasama kepada para guru lainnya, (b) merencanakan serta mengevaluasi jalannya proses pembiasaan budaya religius, (c) menginternalisasikan nilai religius di dalam maupun di luar pembelajaran (d) mendorong dan mengarahkan perilaku peserta didik dalam berakhlak. (3) peran guru PAUD sebagai motivator mampu melakukan perannya dengan baik jika dilakukan dengan cara (a) menjadi pendorong dan motivator untuk peserta didik, (b) mengarahkan perilaku dan kegiatan peserta didik, (c) menerapkan adanya reward
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163013 OCTAVIA RAHMAWATI |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 08:26 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 08:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21896 |
Actions (login required)
View Item |