PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI SCRATCH MATERI BENTUK AL-JABAR DI MTSN 5 KEDIRI

FATIA IZZUN NISA, 12204173087 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI SCRATCH MATERI BENTUK AL-JABAR DI MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media pembelajar-an Matematika Berbantuan Aplikasi scratch materi bentuk al-jabar di MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Fatia Izzun Nisa, Nim. 12204173087, pembimbing Dr. Syaiful Hadi,M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Matematika, Scratch, Bentuk al-jabar Matematika merupakan mata pelajaran yang terdiri dari banyaknya rumus dan keabstrakan. Keabstrakan materi akan sulit dipahami pada siswa yang kurang pemahaman konsep matematika. Hal ini kurangnya terciptanya kelas yang menarik motivasi siswa. Proses ibelajar imengajar idengan imenggunakan imedia ipembelajaran iatau ialat iperaga ipada imatematika isudah ibanyak. iAkan itetapi, imasih iada imateri iyang ialat iperaga iatau imedia ipembelajarannya imasih iterbatas iyaitu imateri ibentuk ial-jabar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mendeskripsikan : (1) Hasil media pembelajaran matematika berbantuan aplikasi scratch materi bentuk al-jabar, (2) kelayakan media pembelajaran matematika berbantuan aplikasi scratch materi bentuk al-jabar, (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbantuan aplikasi scratch materi bentuk al-jabar. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Pada tahap analisis peneliti melakukan wawancara terhadap guru matematika dan 18 siswa. Selanjutnya dilakukan proses desain dan pengembangan. Produk akan dilakukan uji validasi materi dan media. Validator media dan materi berjumlah 3 orang, 2 orang dosen matematika IAIN TULUNGAGUNG dan 1 guru matematika MTsN 5 Kediri. Dilakukan pengujian dua kali. Selanjutnya dilakukan 2 uji coba, uji coba kecil sebanyak 6 siswa dan uji coba besar sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh : (1) Hasil media pembelajaran matematika berbantuan aplikasi scratch materi bentuk al-jabar yang terdiri dari halaman pertama cover dilengkapi dengan tombol petunjuk, dan berlanjut ke halaman awal yang dilengkapi tombol mulai. Apabila tombol ditekan akan menuju halaman menu (KD, materi, coba dan quiz). Untuk halaman menu materi akan terbagi lagi menjadi empat materi. Media pembelajaran ini digunakan secara online pada web resmi scratch yang diakses melalui link. (2) kelayakan media menunjukan bahwa kelayakan media bernilai 82,08% dan materi bernilai 82,67% dilihat dari kedua skor berada pada interval yang berkategorikan valid dan dapat digunakan. (3) Berkaitan dengan respons siswa terhadap media dari uji kecil yang berkategorikan sangat baik dengan skor total sebesar 83,49% dan uji besar 87,91%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173087 Fatia Izzun Nisa
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:40
Last Modified: 08 Sep 2021 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21903

Actions (login required)

View Item View Item