PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS DARING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL-KHADIJAH KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG

ARINA SYARIF ROHDHOTUL JANNAH, 17206163016 (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS DARING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL-KHADIJAH KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arina Syarif Rohdhotul Jannah, 2021. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Daring dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial pada Anak Kelompok A di RA Al-Khadijah Kromasan Ngunut Tulungagung” Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Ilmu Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Kemampuan Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembatasan sosial yang disebabkan pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran sekolah dilakukan di rumah secara daring. Padahal kemampuan sosial adalah salah satu aspek yang paling penting untuk dioptimalkan dimasa golden age. Sehingga peneliti tertarik untuk menggali dan mengetahui lebih dalam tentang bagaimana kemampuan sosial anak di RA Al-Khadijah Kromasan Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini (1 ) Bagaimana tahapan pelaksanaan kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A di RA Al-Khadijah Kromasan Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A di RA Al-Khadijah Kromasan Tulungagung?, (3) Bagaimana keberhasilan pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A di RA Al-Khadijah Kromasan Ngunut Tulungagung?. Metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif, penyajian data deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri atas 3 orang yang merupakan guru RA Al-Khadijah Kromasan Ngunut Tulungagung yang mengembangkan model pembelajaran kooperatif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Tahapan perencanaan pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A di RA Al-Khadijah Kromasan Ngunut Tulungagung dimulai dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikhususkan pada masa pandemi ini. Kemudian dengan pemilihan materi dan juga kegiatan yang akan diberikan kepada anak. (2) Penerapan dari model pembelajaran kooperatif berbasis daring dalam meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A di RA Al-Khadijah Kromasan Ngunut Tulungagung ini terlaksana sesuai rancangan yang telah disusun, meskipun pembelajaran tidak optimal layaknya pembelajaran di dalam kelas. Aspek-aspek kemampuan sosial anak juga berkembang melalui kegiatan yang telah dibuat oleh guru. (3) Tingkat keberhasilan model pembelajaran kooperatif berbasis daring ini dapat meningkatkan kemampuan sosial anak, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan juga memberikan tanggung jawab melalui model pembelajaran yang telah diterapkan. Namun perlu digaris bawahi bahwa kemampuan sosial yang dicapai disini patokannya pada pembelajaran berbasis daring. Jadi jika dibandingkan dengan pembelajaran normal masih kurang optimal akan tetapi jika disesuaikan dengan keadaan seperti sekarang ini pembelajaran kooperatif berbasis daring memiliki nilai lebih dari segi pembelajaran yang mengikutsertakan anak langsung dengan tatap muka melalui gawai dibandingkan hanya dengan pemberian tugas. Hasil dari penelitian ini berkontribusi dalam memberikan gambaran mengenai peningkatan kemampuan sosial anak usia dini dimasa pandemi

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163016 ARINA SYARIF ROHDHOTUL JANNAH
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:24
Last Modified: 08 Nov 2021 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21937

Actions (login required)

View Item View Item