Indayati, Retno (2014) Tindakan Preventif Guru Bimbingan Konseling dalam Mengantisipasi Permasalahan Sosial Peserta Didik di MTsN Kanigoro Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
awal.pdf Download (943kB) | Preview |
|
|
Text
hal.judul.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-5.pdf Download (750kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Tindakan Preventif, Guru BK, Permasalahan Sosial Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa perubahan zaman yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mengakibatkan permasalahan sosial bagi peserta didik kita. Oleh karena itu, guru pembimbing sangat berperan dalam perkembangan siswa terutama dalam proses pergaulan, yang mana hubungan sosial sangat berpengaruh terhadap motivasi belajarnya. Mengingat betapa pentingnya peranan remaja sebagai generasi muda bagi masa depan bangsa, dan melihat fenomena siswa yang suka menyendiri dan menjauh dari kelompok teman sebayanya, ada yang menjadi bahan olok-olokkan teman sebayanya, ada siswa yang dikucilkan temannya, ada siswa yang kurang pandai dalam berkomunikasi. Maka peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang permasalahan sosial yang sering dihadapi oleh peserta didik. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja bentuk/jenis permasalahan sosial yang menimpa atau terjadi pada peserta didik di MTsN Kanigoro Tahun ajaran 2013/2014, (2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya permasalahan sosial peserta didik di MTsN Kanigoro Tahun ajaran 2013/2014, (3) Bagaimana tindakan preventif guru bimbingan konseling dalam mencegah permasalahan sosial peserta didik di MTsN Kanigoro Tahun ajaran 2013/2014. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk/jenis permasalahan sosial yang dilakukan oleh peserta didik di MTsN Kanigoro Tahun ajaran 2013/2014, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya permasalahan sosial peserta didik di MTsN Kanigoro Tahun ajaran 2013/2014, (3) Untuk mengetahui tindakan preventif guru bimbingan konseling dalam mencegah permasalahan sosial peserta didik di MTsN Kanigoro Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pola penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru bimbingan konseling dan para peserta didik di MTsN Kanigoro tahun ajaran 2013/2014, sedangkan metode dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang permasalahan sosial yang sering dihadapi oleh peserta didik yang bertujuan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang akan di teliti, sedangkan metode wawancara hal-hal yang terkait inti masalah yang di teliti dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi dan mengumpulkan data tentang populasi, sarana dan prasarana pendidikan, struktur organisasi, dokumen madrasah dll. Hasil penelitian setelah diadakan analisis menunjukkan bahwa bentuk permasalahan yang sering dihadapi oleh peserta didik menurut guru bimbingan konseling adalah masalah hubungan dengan teman sebaya, hubungan dengan orang tua dan guru, hubungan dengan bermacam-macam lingkungan (lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat), serta masalah dalam komunikasi, selain itu juga permasalahan penyesuaian diri dengan berbagai lingkungan, baik lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat, sedangkan menurut beberapa siswa di MTsN Kanigoro meliputi pembangkangan, agresi, bertengkar, persaingan. Adapun faktor yang menjadi latar belakang permasalahan sosial yaitu faktor internal di dalam remaja dan eksternal di luar remaja. Faktor internal meliputi keadaan fisik (cacat tubuh, banyak jerawat), ketidak mampuan menyesuaikan diri, rendahnya kapasitas intelektual, kecanggungan dalam pergaulan dan kekakuan dalam gerakan dan ketidakstabilan emosi sehingga sering bentrok dengan sesama teman, sedangkan faktor ekstern meliputi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah. Upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling di antaranya adalah tindakan preventif meliputi membuat program tentang bagaimana cara bersosialisasi yang baik, bagaimana cara bergaul agar di senangi kelompok melalui bimbingan pribadi maupun kelompok, memberikan contoh yang baik terhadap siswa melalui cara bersosialisasi guru dengan kepala sekolah, guru dengan guru yang lain, guru dengan karyawan dll, mengadakan papan informasi untuk berita-berita atau pedoman-pedoman cara berinteraksi dengan teman sebaya yang perlu mendapatkan perhatian dari anak-anak. Contohnya bisa berupa leaflet, mengadakan kotak masalah atau kotak tanya untuk menampung segala persoalan-persoalan atau pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara tertulis, sehingga dengan demikian bila ada masalah dapat dengan segera diatasi, memberikan informasi-informasi atau motivasi pada waktu apel hari senin, mengadakan konseling individu untuk semua siswa dari kelas 1 sampai kelas 3 dengan jadwal yang sudah di tentukan oleh guru bimbingan konseling, antar pihak sekolah dan orang tua secara teratur dapat mengadakan kerja sama dalam membentuk pertemuan untuk membicarakan masalah sosial maupun pendidikan. Tindakan kuratif, meliputi, melakukan bimbingan dengan siswa secara pribadi maupun kelompok, memberikan nasihat dan teguran kepada siswa dengan tujuan untuk meminimalisir tindakan yang menyimpang dari norma agama maupun sosial, melakukan pengawasan kepada siswa, bekerja sama dengan seluruh pengajar, staff di MTsN Kanigoro, sedangkan tindakan preservative meliputi, Memberikan banyak kegiatan seperti kegiatan olahraga, kesenian osis, PMR dll yang bertujuan agar siswa tersebut dapat bersosialisasi dengan teman-temannya, mengajak untuk berdiskusi dengan teman-temannya yang bertujuan agar dia bisa mengungkapkan pendapatnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 01 Dec 2014 08:34 |
Last Modified: | 01 Dec 2014 08:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
View Item |