STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

IRMA WAHYUNITA, 12201173462 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Irma Wahyunita, NIM. 12201173462, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Tulungagung dibimbing oleh Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Pemahaman, Motivasi Belajar. Permasalahan rendahnya pemahaman dan motivasi belajar siswa, mereka tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, serta model pembelajaran yang monoton membuat siswa bosan dan tidak memahami materi pelajaran. Peneliti berfikir untuk mencoba melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar pemahaman dan motivasi belajar mereka meningkat. Peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? Tujuan yang hendak dicapai: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan maksud sebagai perbaikan terhadap siklus sebelumnya. Pada masing-masing siklus, akan dilaksanakan empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan terhadap tindakan, dan refleksi terhadap tindakan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar adalah dengan menyusun perangkat pembelajaran. 2) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar berdasarkan pada langkah-langkah yang dikemukakan oleh tokoh dan juga RPP yang telah disusun sebelumnya. 3) Evaluasi model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw bisa meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173462 IRMA WAHYUNITA
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:28
Last Modified: 13 Sep 2021 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22115

Actions (login required)

View Item View Item