PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV MI MAFATIHUL ULUM BALESONO NGUNUT TULUNGAGUNG

LINOVIA, DIAN AYU (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV MI MAFATIHUL ULUM BALESONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Dian Ayu Linovia, NIM 3217113024 dibimbing oleh Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Snowball Throwing, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan bahwa siswa telah menanamkan asumsi negatif tentang matematika, sehingga membuat siswa tersebut susah untuk belajar matematika. Hal ini berakibat pada nilai matematika yang selalu di bawah rata-rata. Kecenderungan guru yang masih menggunakan model atau metode pembelajaran yang biasa, guru lebih mendominasi pembelajaran dan siswa hanya pasif menunggu gurunya. Oleh karena itu, pada penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk mengatasi rendahnya hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model Snowball Throwing dalam pembelajaran matematika. Model Snowball Throwing ini memiliki berbagai kelebihan yang akan meningkatkan kemampuan berpikir anak, sehingga pemahaman siswa akan bertambah. Kelebihan ini akan dapat mengatasi permasalah yang ditemukan pada siswa kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung. Diharapkan dengan penerapan model Snowball Throwing tersebut dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung ? (2) Bagaimana Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan Romawi pada siswa kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung, (2) Mengetahui Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (act), tahap observasi (observe), dan tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data berupa hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung. Observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Snowball Throwing, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada xviii peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung dengan melihat tabel peningkatan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil belajar siswa dan hasil evaluasi yang diberikan oleh guru yaitu pada tes awal nilai rata-rata siswa 37,00 dengan prosentase ketuntasan 10%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 64,00 dengan prosentase ketuntasan 60%, dan pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,50 dengan prosentase keuntasan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DIAN AYU LINOVIA
Date Deposited: 11 Sep 2015 07:49
Last Modified: 11 Sep 2015 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item