IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ ALQURAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SILVINA NURKUMMALA, 12201173014 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ ALQURAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (571kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Program Tahfidz Al-Quran untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Silvina Nurkummala, NIM. 12201173014, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci: Implementasi, Program Tahfidz Al-Quran, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan perkembangan zaman yang telah mengubah cara hidup manusia, manusia lebih mudah menerima informasi dari berbagai media. Hal ini memberi dampak positif maupun negatif. Dampak negatifnya menyebabkan manusia mengalami kemunduran karakter karena tidak bisa menyaring informasi yang baik. Maka pendidikan karakter diperlukan untuk dipupuk sejak dini dengan cara selalu berpedoman kepada Al-Quran salah satunya seperti mengikuti program tahfidz Al-Quran melalui sebuah lembaga pendidikan Islam. Upaya meningkatkan karakter melalui program tahfidz Al-Quran diadakan agar peserta didik senantiasa berpedoman pada Al-Quran dan memiliki akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Perencanaan Implementasi Program Tahfidz Al-Quran untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (2) Pelaksanaan Implementasi Program Tahfidz Al-Quran untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (3) Evaluasi Implementasi Program Tahfidz Al-Quran untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Perencanaan Implementasi Program Tahfidz Al-Quran untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Implementasi Program Tahfidz Al-Quran untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (3) Mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Program Tahfidz Al-Quran untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya Kepala sekolah MTs Sultan Agung, Waka Kurikulum MTs Sultan Agung, Ustadz Tahfidz Al-Quran MTs Sultan Agung, dan Siswa Tahfidz di MTs Sultan Agung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Perencanaan program tahfidz Al-Quran dilakukan dengan mempersiapkan jadwal, mempersiapkan kurikulum yang akan digunakan, mempersiapkan fasilitas yang mendukung dan mempersiapkan ketenagaan yang berkompeten baik dari segi ilmu dengan mewajibkan memiliki syahadah dan dari segi akhlak dengan harus memiliki akhlakul karimah. (2) Pelaksanaan kegiatan program tahfidz Al-Quran dilakukan dengan menerapkan metode yaitu setoran dan murojaah dan untuk meningkatkan karakter peserta didiknya dilakukan dengan menerapkan metode keteladanan, pembiasaan dan motivasi. (3) Evaluasi program tahfidz Al-Quran dilakukan dengan melaksanakan evaluasi kemampuan setiap semester dengan mengetes hafalan dan ketepatan tanda baca, serta melakukan evaluasi peningkatan karakter peserta didik sebulan sekali dengan menyetorkan hasil pantauan perilaku peserta didik seperti kehadiran, sikap saat mengikuti pembelajaran dan perilaku dalam sehari-harinya. Dampak yang muncul dari hasil evaluasi yaitu adanya peningkatan karakter religius, disiplin, tanggungjawab dan toleransi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173014 SILVINA NURKUMMALA
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:28
Last Modified: 14 Sep 2021 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item