STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DEGRADASI MORAL PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NUR KHAFIDHOTUL ILMA, 12201173093 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DEGRADASI MORAL PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (420kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi degradasi moral pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan” ini di tulis oleh Nur khafidhotul ilma, NIM. 12201173093. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag, NIP. 19541218 198602 1 001 Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Degradasi Moral Peserta didik saat ini banyak yang memiliki moral yang dinilai kurang baik. Hal tersebut disebabkan karena semakin berkembangnya zaman, maka teknologi semakin canggih. Peserta didik tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Memang di situasi sekarang ini, penggunaan gadget memang sangat diperlukan. Akan tetapi, tidak semua peserta didik dapat menggunakannya dengan bijak. Penggunaan gadget dapat memberikan dampak pada moral dan akhlak mereka. Mereka akan mengalami degradasi drastic ketika telah menggunakan gadget secara berlebihan. Fokus penelitian dari penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana Perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi degradasi moral pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan? (2) Bagaimana pelaksanaan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi degradasi moral pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan? (3) Bagaimana evaluasi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi degradasi moral pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan? Sedangkan untuk tujuannya yaitu (1) Untuk mengetahui perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi degradasi moral pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan (2) Untuk mengetahui pelaksanaan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi degradasi moral pada peserta didik SMKN 1 Rejotangan (3) Untuk mengetahui evaluasi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi degradasi moral pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan penelitian jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data : dari Subyek Kepala Sekolah, Waka Kurikulum,Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa. Hasil penelitian yaitu (1) Langkah penyusunan perencanaan dalam mengatasi degradasi moral peserta didik harus sesuai atau relevan dengan tujuan dan hasil yang telah ditentukan dalam perencanaan. (2) Pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi degradasi moral juga dilakukan Guru PAI dengan cara memberikan contoh bersikap dan berprilaku dengan baik dalam penerapan moralitas di kehidupan sehari-hari, dan Guru menjelaskan pentingnya bersikap sopan dan santun dengan baik sebagai contoh kepada peserta didik, (3) Dari hasil penelitian objek evaluasi hasil belajar ranah afektif di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung dalam menanamkan sikap moral yang baik dan bijak dalam bergadget dengan baik. Sikap yang dimaksud adalah sikap perilaku bermoralitas dan bergadget yang dilakukan peserta didik dalam sehari-hari

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173093 NUR KHAFIDHOTUL ILMA
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:49
Last Modified: 14 Sep 2021 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22156

Actions (login required)

View Item View Item