STRATEGI GURU DALAM MENGUATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTSN 8 SELOPURO BLITAR

FARIDA ROHMAWATI, 12201173269 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGUATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTSN 8 SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTsN 8 Selopuro Blitar” ini ditulis oleh Farida Rohmawati dibimbing oleh: Abdul Aziz Faradi, M.Hum Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter, Religius Guru merupakan komponen pendidikan yang sangat dominan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru adalah orang yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran di madrasah. Mengingat krisis akhlak yang melanda negeri ini, Kemajuan teknologi yang begitu pesat membawa dampak tersendiri bisa berdampak positif dan juga bisa berdampak negatif. Berdampak positifnya yaitu bisa menemukan informasi di internet dalam hal pembelajaran dengan begitu kita bisa dengan mudah memperoleh informasi dari internet dan juga bisa memanfaatkannya dengan baik, tapi disamping itu ada dampak negatifnya yaitu sering lalai dalam mengerjakan ibadah seperti sholat dan aktivitas keagamaan lainnya. Fokus penelitian ini 1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam menguatkan karakter religius peserta didik di MTsN 8 Selopuro Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam menguatkan karakter religius peserta didik di MTsN 8 Selopuro Blitar? 3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam menguatkan karakter religius peserta didik di MTsN 8 Selopuro Blitar? Tujuan penelitian adalah 1) Untuk Mengetahui Perencanaan Strategi Guru Dalam Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTsN 8 Selopuro Blitar 2)Untuk Mengetahui Pelaksanaan Strategi Guru Dalam Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTsN 8 Selopuro Blitar 3) Untuk Mengetahui Evaluasi Guru Dalam Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTsN 8 Selopuro Blitar. Penelitian ini kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan pengamatan,triangulasi, perpanjangan kehadiran, teman sejawat dan klarifikasi dengan informan serta menggunakan beberapa teori atau para ahli yang kompeten di bidangnya. Hasil penelitian 1) Perencanaan strategi guru dalam menguatkan karakter religius peserta didik di MTsN 8 Selopuro Blitar yaitu dengan memberikan pemahaman kepada siswa, jadi guru menanamkan nilai-nilai moral yang baik kepada siswa dengan tujuan siswa bisa membedakan mana yang baik dan tidak baik. Guru juga akan menerapkan pembiasaan-pembiasan yang ada di sekolah seperti halnya sholat dhuha berjamaah, tadarus al-Qur’an,yang itu akan dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan siswa bisa menerapkan apa yang sudah dicontohkan oleh guru baik itu di sekolah, keluarga maupun di masyarakat. 2) Pelaksanaan strategi guru dalam menguatkan karakter religius peserta didik di MTsN 8 Selopuro Blitar yaitu Dalam pelaksanaannya guru bukan hanya menyuruh siswanya saja tapi guru juga akan terjun langsung untuk memberikan contoh kepada siswa dan guru juga akan melakukan pengawasan supaya tidak gaduh dan pelaksanaannya dapat berjalan secara maksimal. Seperti halnya guru menjadi imam sholat berjamaah dan diikuti oleh siswa secara tertib. Hal ini dilakukan guru untuk meningkatkan karakter religius siswa menjadi pribadi yang baik dan disiplin 3) Evaluasi guru dalam menguatkan karakter religius peserta didik di MTsN 8 Selopuro Blitar yaitu dalam proses pembelajaran karakter memang sangat penting untuk membedakan mana yang baik atau tidak baik supaya siswa tidak akan terjerumus pada hal yang tidak diinginkan dan senantiasa selalu dilindungi oleh Allah. Adapun pembiasaan yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan karakter religius diantaranya yaitu rutin melaksanakan sholat dhuha berjamaah sebelum pembelajaran dan juga rutin membaca al-Qur’an setiap paginya setelah sholat dhuha yang diawali membaca asmaul husna terlebih dahulu. Jika menemui karakter siswa yang kurang baik guru juga akan langsung menegur serta memberi contoh apa yang seharusnya boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173269 Farida Rohmawati
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:13
Last Modified: 16 Sep 2021 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item View Item