RIGOROUS MATHEMATICAL THINGKING (RMT) DALAM PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

ALWI SYAHRONI, 17204163272 (2021) RIGOROUS MATHEMATICAL THINGKING (RMT) DALAM PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alwi Syahroni, 17204163272, Rigorous Mathematical Thingking (RMT) Dalam Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: RMT, Pemecahan Masalah, Trogonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan matematika siswa dalam menyelesaikan masalah terutama pada pembelajaran yang masih dianggap sulit oleh siswa khususnya materi trigonometri. Dalam hal ini peneliti berusaha menganalisis permasalahan tersebut menggunakan tahapan Rigorous Mathematical Thingking (RMT) yang sesuai dengan tahapan berpikir kognitif siswa, dengan memberikan tes pada siswa dengan harapan mengetahui tahapan berpikir siswa, sehingga dalam pemecahan masalah siswa dapat dilakukan dengancermat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahhui (1) Bagaimana pemecahan masalah siswa berdasarkan fungsi kognitif rigorous matheatical thingking pada level 1 , (2) Bagaimana pemecahan masalah siswa berdasarkan fungsi kognitif rigorous matheatical thingking pada level 2, (3) Bagaimana pemecahan masalah siswa berdasarkan fungsi kognitif rigorous matheatical thingking pada level 3. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalsis. Lokasi penelitian terletak di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Metode pengumpulan data yang digunakan pada siswa kelas XI OTKP 1 , setelah tes tertulis dan menentukan nilai rata-rata siswa, diambil 3 siswa yang memenui kategori pemecahan masalah matematika. Hasil tes dianalisis tahapan berpikir siswa berdasarkan tahapan level kognitif rigorous matheatical thingking meliputi level 1 berpikir kualitatif, level 2 berpikir kuantutatif dengan ketelitian, level 3 berpikir rasional abstrak, dan dikuatkan dengan hasil wawancara siswa. Aanalisis data dilakukan melalui tahaap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemecahaan masalah siswa dalam materi trigonomteri berdasarkan level kognitif rigorous matheatical thingking, mampu mencapai 1 level kognitif rigorous mathematical thingking, yakni berpikir kualitatif. (2) Pemecahaan masalah siswa dalam materi trigonomteri berdasarkan level kognitif rigorous matheatical thingking, mampu mencapai 2 level kognitif rigorous mathematical thingking, yakni berpikir kuantitatif dengan ketelitrian. (3) Pemecahaan masalah siswa dalam materi trigonomteri berdasarkan level kognitif rigorous mathematical thingking, mampu mencapai 3 level kognitif rigorous mathematical thingking, yakni berpikir berpikir rasional abstrak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163272 ALWI SYAHRONI
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:22
Last Modified: 16 Sep 2021 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22238

Actions (login required)

View Item View Item