STRATEGI MITIGASI RISIKO PRODUK TAKE OVER KREDIT PEMILIKAN RUMAH (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman)

INDAH CHOIRUN NISA, 12401173296 (2021) STRATEGI MITIGASI RISIKO PRODUK TAKE OVER KREDIT PEMILIKAN RUMAH (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Mitigasi Risiko Produk Take Over Kredit Kepemilikan Rumah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman)” ditulis oleh Indah Choirun Nisa, NIM. 12401173296 dan dibimbing oleh Bapak Dr. Deny Yudiantoro, S.AP., MM. Penelitian ini di latarbelakangi dengan mayoritas penduduknya beragama islam. Agama islam mengajarkan umatnya untuk selalu mematuhi syariat-syariat islam termasuk dalam transaksi ekonomi. Maka dari itu minat masyarakat untuk beralih menggunakan produk yang berbasis syariah juga tinggi. Salah satu produk layanan keuangan bank syariah dalam membantu nasabah memindahkan transaksi non syariah yang sudah berjalan menjadi transaksi syariah yang selaras dengan aturan islam yaitu produk take over. Bank syariah harus memperhatikan risiko yang terjadi disetiap pembiayaan. Mitigasi risiko yang tepat akan meminimalisir resiko tersebut terjadi. Maka dari itu penelitian ini membahas mengenai strategi mitigasi risiko produk take over KPR. Dengan tujuan untuk mengetahui mengenai mekanisme take over KPR yang dilakukan oleh bank syariah Indonesia, dan juga strategi mitigasi risiko yang digunakan oleh bank syariah Indonesia KCP Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data disajikan dengan menggunakan teks yang bersifat naratif. Hasil dari penelitian ini adalah mekanisme Take over Kredit Pemilikan Rumah secara garis besar sesuai dengan prosedur yang di tetapkan oleh OJK dan BI. Dimulai dari Nasabah mengajukan permohonan take over KPR Kemudian melengkapi data diri atau dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Selanjutnya pihak bank melakukan penilaian kelayakan pembiayaan. Pihak nasabah dan pejabat bank (CBRM/ JCBRM) menyepakati akad pembiayaan tersebut, selanjutnya nasabah melunasi seluruh hutangnya kepada bank yang bersangkutan dengan didampingi oleh pihak BSI. Dengan demikian nasabah melanjutkan pembayaran kewajiban atau hutangnya pada bank syariah Indonesia. Sedangkan Strategi teknik mitigasi risiko prosuk take over KPR di Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung Sudirman dilakukan dengan teknik reduction (mengurangi risiko) untuk menngurangi resiko kredit bank syariah Indonesia mengutamakan segmentasi pekerjaan tetap. Sedangkan untuk meminimalisir risiko bendahara memindahkan gaji karyawan ke bank lain, bank syariah Indonesia KCP Tulungagung membuat perjanjian dengan membuat surat pernyataan bahwa bendahara tidak akan memindahkan payroll gajinya ke bank lain selama nasabah masih mempunyai hutang di bank tersebut. Kata Kunci: Take Over, Mitigasi Risiko.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173296 INDAH CHOIRUN NISA
Date Deposited: 16 Sep 2021 08:42
Last Modified: 16 Sep 2021 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

View Item View Item