PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI SYARIAH PADA PERUSAHAAN PT. INDOSAT (PERSERO), TBK.

NOVIA BELLA KURNIA PUTRI, 12406173002 (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI SYARIAH PADA PERUSAHAAN PT. INDOSAT (PERSERO), TBK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Peringkat Obligasi Syariah/ Sukuk pada Perusahaan PT. Indosat (Persero), Tbk.” ini ditulis oleh Novia Bella Kurnia Putri, NIM 12406173002, Jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Amalia Nuril Hidayati, S.E., M.Sy. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh investasi pada obligasi syariah yang tidak terlepas dari perusahaan pemeringkat. Tujuan utama adanya peringkat ini adalah untuk memberikan informasi kepada investor mengenai keadaan penerbit sukuk dan resiko yang akan ditanggung, sehingga dapat dijadikan pertimbangan investor dalam berinvestasi. Pada penelitian ini terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan dan menjadi faktor penentu peringkat obligasi syariah yaitu dengan Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menguji pengaruh Profitabilitas terhadap Peringkat Obligasi Syariah pada PT. Indosat (Persero), Tbk.? (2) Untuk menguji pengaruh Likuiditas terhadap Peringkat Obligasi Syariah pada PT. Indosat (Persero), Tbk.? (3) Untuk menguji pengaruh Leverage terhadap Peringkat Obligasi Syariah pada PT. Indosat (Persero), Tbk.? (4) Untuk menguji pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Peringkat Obligasi Syariah pada PT. Indosat (Persero), Tbk.? (5) Untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan secara simultan terhadap Peringkat Obligasi Syariah pada PT. Indosat (Persero), Tbk.?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, sumber data yang digunakan yaitu menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan PT. Indosat (Persero), Tbk dan PT. PEFINDO. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat hitung SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi Syariah PT. Indosat (Persero), Tbk., (2) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi Syariah PT. Indosat (Persero), Tbk., (3) Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peringkat Obligasi Syariah PT. Indosat (Persero), Tbk., (4) Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Peringkat Obligasi Syariah PT. Indosat (Persero), Tbk., (5) Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi Syariah PT. Indosat (Persero), Tbk. Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Peringkat Obligasi Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S1 12406173002 NOVIA BELLA KURNIA PUTRI
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:22
Last Modified: 20 Sep 2021 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22274

Actions (login required)

View Item View Item