IMPLEMENTASI DARING METHOD PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs SA ROUDHOTUS SYIFA KALIPARE MALANG

AZZIS SUJATMOKO, 12201173396 (2021) IMPLEMENTASI DARING METHOD PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs SA ROUDHOTUS SYIFA KALIPARE MALANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Daring Method pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang”. Skripsi ini ditulis oleh Azzis Sujatmoko NIM 12201173396 pembimbing M. Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata kunci : Implementasi Daring Method, Mata Pelajaran Fiqih Konteks penelitian ini adalah dengan mewabahnya Pandemi Covid-19 yang berimbas pada bidang pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 pembelajaran dapat dilaksanakan secara daring/online. Sehingga pembelajaran yang bersifat tatap muka tidak diperbolehkan, peserta didik cukup belajar di rumah masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Fokus dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana perencanaan implementasi daring method pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang? (2) Bagaimana pelaksanaan daring method pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang? (3) Bagaimana evaluasi implementasi daring method pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, peneliti juga melakukan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan, dan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan implementasi daring method pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang yaitu : (a) menyusun RPP dengan sistem daring dan berdasarkan silabus pembelajaran, (b) penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran daring, yaitu menggunakan pendekatan contextual teaching and learning dan menggunakan metode pembelajaran daring method, (c) menyiapkan alat dan sumber pembelajaran dengan menggunakan smartphone dan buku lembar kerja siswa didukung dengan website dan video, (2) Pelaksanaan implementasi daring method pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang yaitu: (a) pengelolaan kelas daring, guru fiqih membentuk grup whatsApp yang difungsikan sebagai kelas, (b) pengelolaan peserta didik, melakukan penyederhanaan materi pembelajaran fiqih supaya materi dapat diserap oleh peserta didik yang memiliki perbedaan dalam kemampuan dalam berfikir, (c) pengelolaan kegiatan pembelajaran menyesuaikan dengan RPP dan membagi menjadi tiga kegiatan yaitu, pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, (3) Evaluasi implementasi daring method pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang yaitu: (a) evaluasi formatif, yaitu dengan penugasan setiap selesai satu pertemuan setelah selesai menyampaikan materi pembelajaran, (b) evaluasi sumatif yaitu melaksanakan ujian tengah semester dan akhir semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Fiqih > Ibadah Sunnah
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azzis Sujatmoko
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:08
Last Modified: 20 Sep 2021 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22328

Actions (login required)

View Item View Item