FAJAR EKAWATI, 17205163201 (2021) PERAN KARYA SASTRA ANAK SEBAGAI BAHAN AJAR BACAAN DALAM MENUMBUHKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (466kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (346kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Karya Sastra Anak Sebagai Bahan Ajar Bacaan dalam Menumbuhkan Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah” ,ini ditulis oleh Fajar Ekawati, NIM.17205163201 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing Dr.H. Mochamad Arif Faizin, M.Pd. Kata Kunci: Peran Sastra Anak , Nilai Karakter, Bahan Ajar bacaan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh dampak arus era globalisasi yang terlihat adanya fenomena yang menimpa generasi muda, menunjukkan nilai –nilai perilaku moral semakin menyusut. Pada masa anak, diharapkan adanya pemenuhan hak anak. Sastra anak memberikan konstribusi atau peran nilai yang berkaitan dengan personal dan pendidikan. Sastra anak dongeng cerita rakyat “Pangulima Laut: Cangkir Emas” yang disadur oleh Nurweni Saptawuryandari, dimana dapat menumbuhkan nilai pendidikan karakter untuk anak usia Madrasah Ibtidaiyah salah satunya sebagai bahan ajar bacaan anak. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah : (1) Bagaimana peran nilai personal sastra anak cerita rakyat “Pangulima Laut : Cangkir Emas” dalam menumbuhkan nilai pendidikan karakter? (2) Bagaimana peran nilai pendidikan sastra anak cerita rakyat “Pangulima Laut: Cangkir Emas” dalam menumbuhkan nilai pendidikan karakter (3) Bagaimana relevansi peran sastra anak cerita rakyat “Pangulima Laut: Cangkir Emas” sebagai bahan ajar bacaan dalam menumbuhan nilai pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah? Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “studi library”. Penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data berupa analisis konten (content analysis) dan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dari studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sastra anak cerita rakyat“Pangulima Laut: Cangkir Emas” memberikan peran nilai personal, meliputi perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, perkembangan rasa sosial, perkembangan etis dan religius, (2) peran nilai pendidikan, meliputi eksplorasi, perkembangan bahasa, pengembangan nilai keindahan, penanaman wawasan multikultural dan penanaman kebiasaan membaca. Keduanya memberikan penanaman nilai karakter berupa kritis,logis, kreatif, toleransi, religius, peduli sosial, religius, kreatif, dan gemar membaca ,(3) relevansi peran sastra anak berupa cerita rakyat terbukti ada dalam KD Kurikulum 2013 dengan pertimbangan pemilihan kesesuaian faktor anak dan bacaan cerita yang tepat, sehingga cerita rakyat “Pangulima Laut: Cangkir Emas” layak direkomkan sebagai bahan ajar bacaan di Madrasah Ibtidaiyah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163201 FAJAR EKAWATI |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 00:36 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 00:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22410 |
Actions (login required)
View Item |