IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP AL-GHAZALI

ABU UBAID AL BISRY, 17205163114 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP AL-GHAZALI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Al-Ghazali” ini ditulis oleh Abu Ubaid Al Bisry, NIM. 17205163114, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. NIP. 198008252006041007 Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Al-Ghazali Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena krisis pendidikan yang saat ini sangat memprihatinkan dan meresahkan dalam hal karakter anak, karena berbagai pengaruh saat ini yang begitu luar biasa berdampak bagi karakter anak saat ini mulai dari teknologi, pergaulan dan masalah lain yang membuat karakter saat ini dinilai sangat berkurang. Perlunya penanaman karakter yang tidak hanya berlandaskan konteks nasional saja melainkan konteks keagamaan seperti yang dikonsepkan oleh Imam Al-Ghazali agar karakter yang dibentuk mampu menghasilkan sikap berbudi pekerti luhur, sesuai dengan tuntunan agama yang dianutnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanana riwayat hidup dan corak pemikiran Imam Al-Ghazali? (2) Bagaimana pendidikan karakter dalam pemikiran Imam Al-Ghazali? (3) Bagaimana relevansi pendidikan karakter dalam pemikiran Imam Al-Ghazali dengan pendidikan karakter di Indonesia?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan riwayat hidup dan corak pendidikan pemikiran Imam AlGhazali. (2) Untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam pemikiran Imam Al-Ghazali. (3) Untuk mendeskripsikan relevansi pendidikan karakter dalam pemikiran Imam Al-Ghazali dengan pendidikan karakter di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan jenis riset kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode pengumpulan Literer yakni penggalian bahan-bahan pustaka yang relevan dengan objek pembahasan dan diolah dengan teknik Editting, Organizing, dan Penemuan Hasil Penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (Content analysis) yaitu teknik untuk menemukan makna, kedudukan dan hubungan antara berbagai konsep, kebijakan, program, kegiatan, peristiwa yang ada atau yang terjadi, untuk selanjutnya mengetahui manfaat, hasil atau dampak dari ha-hal tersebut Dari hasil penelitian dengan menyamakan teori dapat disimpulkan implementasi pendidikan karakter dengan konsep pemikiran Al-Ghazali sangat relevan dengan teori yang dikemukakan oleh para pemikir teori seperti Thomas Lickona, Henri Gunawan, dan Yahya Khan yang sejalan dengan konsep pemikiran Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad dan Ihya „Ulummudin karya Imam Al-Ghazali yang merujuk pada satu pembahasan yaitu akhlak atau karakter.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163114 ABU UBAID AL BISRY
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:25
Last Modified: 28 Sep 2021 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22411

Actions (login required)

View Item View Item