MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 1 KOTA BLITAR

FIFI NAHARANI, 12207173015 (2021) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Fifi Naharani, NIM 12207173015, Pembimbing Dr. Hj.Sulistyorini, M,Ag. Kata Kunci : Manajemen Perpustakaan, Minat Baca, Siswa Manajemen perpustakaan merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan mengoptimalkan sumber daya manusia, sarana prasarana, layanan, serta anggaran dana yang didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen untuk mencapai tujuan agar kegiatan manajemen perpustakaan dapat terealisasikan. Adanya manajamen perpustakaan yang baik tentu akan membuat warga sekolah bisa terus mengupdate pengetahuannya dalam bidang akademik maupun non akademik, serta diharapkan dapat meningkatkan minat baca warga sekolah yang terfokus pada siswa. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) mengetahui perencanaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Kota Blitar; (2) mengetahui pengorganisasian perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Kota Blitar; (3) mengetahui pelaksanaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Kota Blitar; (4) mengetahui pengawasan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, meningkatkan ketekunan, serta perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Kota Blitar meliputi (a) perencanaan bahan pustaka disesuaikan dengan kebutuhan siswa, guru, maupun karyawan. Pengadaan bahan pustaka dilakukan dengan mempertimbangkan syarat yaitu relevansi, kemutakhiran atau update, dan isi buku serta bahasa yang digunakan. b) Perencanaan sarana dan parasarana perpustakaan MTsN 1 Kota meliputi dua hal yaitu perencanaan pengadaan sarana prasarana dan perencanaan menata tata letak perpustakaan. (c) Perencanaan layanan disesuaikan dengan siswa, guru, dan karyawan. Dalam perencanaan layanan perpustakaan memperhatikan berorientasi kepada kebutuhan pembaca, (d) perencanaan anggaran dilakukan untuk pembelian bahan pustaka, sarana dan parasarana perpustakaan. (2) Pengorganisasian perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Kota Blitar meliputi (a) pengorganisasian perpustakaan MTsN 1 Kota Blitar digambarkan dengan adanya struktur organisasi dan pembagian tugas setiap individu; (b) koordinasi, penyelarasan kegiatan perpustakaan. (3) Pelaksanaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di MTsN 1 Kota Blitar meliputi (a) pelaksanaan bahan pustaka meliputi pengadaan bahan pustaka dan pengolahan bahan pustaka. Pengadaan bahan pustaka melalui pembelian, hibah dari anak PPL, pengadaan karya guru dan siswa. Pengolahan bahan pustaka berawal dari bahan pustaka masuk lalu diinventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyandian atau call number, pembuatan kartu buku/kantong buku/label buku, dan tahapan yang terakhir yaitu pemajangan buku di dalam rak. (b) pelaksanaan sarana dan parasana terdiri dari dua hal yaitu pengadaan sarana prasarana perpustakaan dan penataan tata ruang perpustakaan. (c) Pelaksanaan layanan perpustakaan terdapat tiga pelayanan yaitu pelayanan langsung, pelayanan tidak langsung, dan pelayanan lainnya.(d) pelaksanaan penggunaan anggaran perpustakaan digunakan untuk pembelian bahan pustaka, sarpras dan alat tulis menulis yang bersumber dari dana BOS sebesar 5% dan komite sekolah serta dana siswa telat yang mengembalikan buku. (4) pengawasan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca Siswa di MTsN 1 Kota Blitar dilakukan oleh kepala madrasah, kepala perpustakaan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173015 FIFI NAHARANI
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:00
Last Modified: 27 Sep 2021 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item