RIRIN WAHYUNI, 12205173246 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran berbasis Online pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol” ini ditulis oleh Ririn Wahyuni, NIM. 12205173246, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Tulungagung. Pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Online, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatari oleh adanya fenomena penurunan motivasi belajar peserta didik selama pandemi. Hal ini terjadi karena adanya perubahan model pembalajaran selama masa pandemi, dari yang awalnya dilakukan secara tatap muka secara langsung (luring), menjadi tatap maya (daring). Strategi guru dalam pembelajaran tatap maya perlu diupayakan secara lebih inovatif agar pembelajaran tidak terasa membosankan yang berdampak pada penurunan motivasi belajar peserta didik, terutama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh Guru AlQur’an Hadits pada MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yang memanfaatkan media video sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol?, (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol?, (3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol, (3) Untuk mengetahui evaluasi strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan tiga tahapan berupa kondensasi data, data display, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecakan keabsahan temuan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian adalah: (1) Perencanaan strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol yaitu dengan menyusun silabus, membuat RPP, menentukan strategi dan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol terdapat tiga bagian kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi strategi pembelajaran online pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol mencakup tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > Daring Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173246 RIRIN WAHYUNI |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 05:38 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22436 |
Actions (login required)
View Item |