STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI MTSN 2 BLITAR

LAILIL MUHAROMAH, 12201173031 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepedulian Sosial Peserta Didik di MTsN 2 Blitar” yang ditulis oleh Lailil Muharomah, NIM : 12201173031, pembimbing H. Abdulloh Chakim, M. Pd Kata kunci : Strategi Guru PAI, Kepedulian Sosial. Islam telah mengajarkan kepada umatnya untuk memiliki sikap kepedulian sosial yang tinggi dengan tujuan untuk mewujudkan kepekaan sosial, tenggang rasa terhadap saudara, dan merupakan kesempatan penting untuk mengingat karunia Allah dari berbagai nikmat yang telah diberikanNya. Pada zaman sekarang ini kepedulian sosial masih kurang ditanamkan pada anak mengingat masih banyaknya anak yang bersikap egois dan acuh terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan adanya pendidikan agama Islam dan penanaman karakter terhadap anak sejak usia dini, hal tersebut dapat membuat seseorang memiliki sikap dan karakter yang baik sesuai agama dan norma�norma yang berlaku seperti yang dibentuk oleh guru pendidikan agama Islam pada peserta didik di MTsN 2 Blitar. Fokus penelitian berdasarkan konteks penelitian diatas : (1) Bagaimana wujud kepedulian sosial peserta didik di MTsN 2 Blitar ? (2) Apa strategi yang digunakan guru PAI dalam membentuk kepedulian sosial peserta didik di MTsN 2 Blitar (3) Bagaimana keberhasilan strategi yang digunakan guru PAI dalam membentuk kepedulian sosial peserta didik di MTsN 2 Blitar ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MTsN 2 Blitar. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi , wawancara, dan dokumentasi. Analisi data menggunakan reduksi data, penyaji data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian penelitian ini menggunakan triangulasi tehnik. Sumber data adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik di MTsN 2 Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari berbagai hal yang telah diupayakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di MTsN 2 Blitar, ditemukan : (1) Wujud kepedulian sosial peserta didik antara lain yaitu memberi pinjaman alat tulis kepada teman yang tidak membawa, menjenguk teman yang sakit, penggunaan dan pembagian masker saat pandemi Covid-19 (2) Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepedulian sosial terbagi menjadi 3 yakni pembiasaan, keteladanan, dan pemantauan (3) Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap kepedulian sosial peserta didik sudah tepat dilihat dari fakta bahwa sebagian besar peserta didik sudah memiliki kesadaran tentang pentingnya bersikap pedulisosial

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailil Muharomah
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:08
Last Modified: 27 Sep 2021 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22462

Actions (login required)

View Item View Item