STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR'AN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

ARSYI AMALIA MUMTAZA, 12201173225 (2021) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR'AN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Arsyi Amalia Mumtaza, NIM. 12201173225, pembimbing Ahmad Fikri Amrullah, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi, Guru Tahfidz, Al-Qur’an Menghafal al-Qur’an bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi bukan pula sesuatu yang tidak mungkin. Mengenalkan al-Qur’an kepada peserta didik, mengajarkannya membaca, dan menghafalnya merupakan tanggung jawab seorang guru. Guru harus mempunyai strategi tersendiri dalam membimbing dan meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik. Karena keberhasilan peserta didik dalam menghafal tergantung pada cara atau strategi pembelajaran yang diterapkan guru. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pelaksanaan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020 ? (2) Bagaimana teknik pelaksanaan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020 ? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020 ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode pelaksanaan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui teknik pelaksanaan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020. (3) Untuk mengetahui evaluasi strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Berdasarkan data yang terkumpul, selanjutnya ditempuh beberapa teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode pelaksanaan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020 meliputi guru menentukan strategi hafalan al-Qur’an yaitu strategi bimbingan. Prosedur atau metode pelaksanaan program tahfidz yaitu guru mengucapkan salam pembuka kepada peserta didik, membaca do’a pembuka bersama-sama, melakukan pengecekan kehadiran melalui presensi, memberikan wawasan dan motivasi terkait pembelajaran al-Qur’an, memberi tambahan materi hafalan, peserta didik menyetorkan hafalan baru dan muraja’ah, memberikan evaluasi terkait hafalan peserta didik dan hafalan untuk pertemuan berikutnya, membaca do’a al-Qur’an bersama-sama untuk mengakhiri pembelajaran dan mengucapkan salam penutup. Guru juga melakukan penilaian akhir melalui tes bacaan dan hafalan al-Qur’an peserta didik tiap akhir semester. 2) Teknik pelaksanaan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020 yaitu membuat hafalan baru melalui teknik metode jama’ atau menghafal secara kolektif dan bersama-sama dengan dibantu instruktur atau guru dan memuroja’ah hafalan melalui teknik metode tasmi’, yaitu dengan menyimakkan hafalannya pada guru atau teman (partner)nya. 3) Evaluasi strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2019/2020 meliputi munculnya faktor penghambat yang muncul saat proses pembelajaran tahfidz yaitu munculnya rasa malas untuk membaca dan menghafal al-Qur’an pada diri peserta didik, kurangnya koordinasi antara pihak sekolah, guru, dan peserta didik sehingga masih banyak peserta didik yang kurang berminat untuk mengikuti program tahfidz al-Qur’an, dan masih terdapat beberapa peserta didik program tahfidz yang kurang memiliki himmah dalam mempelajari al-Qur’an. Solusi dari permasahan tersebut adalah untuk menghilangkan rasa malas dapat dikembalikan pada manajemen waktu peserta didik. Pihak sekolah dibantu guru PAI dan guru tahfidz memberikan wawasan lanjutan terkait program kerja tahfidz bahwasannya program ini mewadahi peserta didik yang ingin mempelajari al-Qur’an, memperbaiki bacaan, menambah dan menjaga hafalan. Pihak sekolah, guru PAI, guru tahfidz, maupun orang tua peserta didik selalu memberi motivasi dan dukungan agar peserta didik bersungguh-sungguh serta memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti program tahfidz di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173225 ARSYI AMALIA MUMTAZA
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:22
Last Modified: 02 Nov 2021 01:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item View Item