KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DiTINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS X Di SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

ERIA KRISTIANA, 12204173260 (2021) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DiTINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS X Di SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Self Efficacy Siswa Kelas X di SMKN 1 Bandung Tulungagung”. Ditulis oleh Eria Kristiana, NIM. 12204173260, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Syaidul Hadi, M.Pd. Pentingnya penelitian ini dikarenakan rendahnya kemampuan komunikasi matematis ketika menyelesaikan soal matematika. Kurangnya kemampuan komunikasi matematis ini mengakibatkan siswa kurang optimal dalam mengkomunikasikan matematika. Selain itu, perbedaan gaya kognitif dan self efficacy siswa dalam mengkomunikasikan matematika ketika menyelesaikan masalah juga memiliki kemampuan yang berbeda. gaya kognitif yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya kognitif Field independent (FI) dan Field Dependent (FD), sedangkan self efficacy yang digunakan dalam penelitian ini adalah self efficacy tinggi dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dengan berdasarkan gaya kognitif dan self efficacy dalam persoalan matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) tes GEFT dan tes tertulis, (2) angket, dan (3) wawancara. Pemberian tes GEFT digunakan untuk mengetahui berbedaan gaya kognitif siswa, angket digunakan untuk mengetahui berbedaan self efficacy siswa, tes tertulis dan wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif dan self efficacy siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung memiliki kemampuan komunikasi matematis yang setara, yakni siswa kurang mampu menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara tertulis dengan gambar. Siswa kurang mampu menyatakan pernyataan dengan istilah-istilah, simbol-simbol, dan notasi-notasi matematika dalam menyajikan ide-ide matematika secara tertulis. Dan siswa kurang mampu memahami, mengevaluasi, dan menyimpulkan ide-ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan secara tertulis. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya kognitif, dan Self Efficacy.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173260 ERIA KRISTIANA
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:18
Last Modified: 29 Sep 2021 01:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22483

Actions (login required)

View Item View Item