RAHAJENG, MERIA PUTRI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (341kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas XI IPA MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Meria Putri Rahajeng NIM 3214113109 dibimbing oleh Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Matematika, Hasil Belajar. Salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 3 Tulungagung khususnya pada mata pelajaran matematika materi turunan adalah siswa kurang merasa tertarik pada saat proses pembelajaran matematika. Kondisi tersebut disebabkan oleh : (1) Pada saat pembelajaran matematika guru tidak menggunakan media yang mendukung, hanya menggunakan buku dan siswa disuruh untuk menyimak, membaca dan menegrjakan soal saja (2) Guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa merasa bosan, tidak antusias dan tidak termotivasi dalam belajar serta tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru (3) Pada saat pembelajaran siswa banyak yang mengantuk, sebagian ada yang bermain dengan temannya, berbicara sendiri dengan temannya sehingga mengganggu teman yang lain. (4) Siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM yang ditentukan. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan turunan. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika melaui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada kelas XI IPA MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa kelas XI IPA MAN 3 Tulungagung saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran matematika. (3) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA MAN 3 Tulungagung setelah dterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). (4) Untuk mendeskripsikan respon siswa kelas XI IPA MAN 3 Tulungagung terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, menggunakan dua siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terdiri dari : 1) Hasil observasi xix kegiatan guru pada pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan yang pada siklus I 93,84% kemudian pada siklus II menjadi 97,69%. 2) Hasil observasi aktivitas siswa saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan yang pada siklus I 88,18% kemudian pada siklus II menjadi 94,54%. 3) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan. Pada pre test ketuntasan belajar siswa 23,07% dengan nilai rata-rata 50,26. Setelah melakukan tindakan siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 57,69% dengan nilai rata-rata 67,30. Kemudian pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 88,46% dengan nilai rata-rata 85,76. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA MAN 3 Tulungagung. 4) Hasil respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | MERIA PUTRI RAHAJENG |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 03:07 |
Last Modified: | 15 Sep 2015 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2253 |
Actions (login required)
View Item |