PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS IX MTs NEGERI KUNIR KABUPATEN BLITAR

INDRIYAWATI, AFI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS IX MTs NEGERI KUNIR KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Treffinger dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Pola Bilangan Siswa Kelas IX MTs Negeri Kunir” ini ditulis oleh Afi Indriyawati dibimbing oleh Bapak Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Model Treffinger, STAD, Prestasi Belajar matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan metode mengajar konvensional atau tradisional. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran Treffinger dan STAD untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger dan STAD terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX MTs Negeri Kunir. (2) Untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX MTs Negeri Kunir. Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) untuk mengerahui hubungan antara variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs negeri Kunir yang berjumlah 387 siswa. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yakni dilihat dari siswa yang memiliki kemampuan yang sama sehingga diperoleh siswa dari kelas IX-8, IX-9 dan IX-10 yang berjumlah 117 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah post tes yang digunakan untuk memperoleh nilai prestasi belajar siswa pada materi pola bilangan. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang siswa, tempat penelitian dan foto-foto penelitian. Setelah peneliti melakukan penelitian, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data dengan menggunakan rumus Anova satu jalur. Sebelum melakukan analisis menggunakan rumus diatas terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yakni normalitas dan homogenitas. Setelah dilakukan analisis data dengan uji uji Anova satu jalur diperoleh perhitungan dengan signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yakni 3,328 > 3,076 sehingga kesimpulan bahwa terdapat perbedaan sehingga terdapat pengaruh dari kedua model pembelajaran yakni Treffinger dan STAD terhadap prestasi belajar matematika pada materi pola bilangan siswa kelas IX MTs Negeri Kunir. Dalam perhitungan diperolarh bahwa model pembelajaran Treffinger memiliki rata-rata lebih tinggi daripada STAD dan Konvensional. Rata-rata model pembelajaran Treffinger = 85,08 ; rata-rata model pembelajaran STAD = 80,08 dan model pembelajaran konvensional = 76,21. Sehingga dari rata-rata tersebut diperoleh bahwa model pembelajaran Treffinger ii lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada materi pola bilangan siswa kelas IX MTs Negeri Kunir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: afi indriyawati
Date Deposited: 15 Sep 2015 03:32
Last Modified: 15 Sep 2015 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2254

Actions (login required)

View Item View Item